Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Bidang Pengembangan Kapasitas dan Jaringan

    Forum zakat adalah rumah bersama dalam gerakan zakat di Indonesia, karena itu bidang Pengembangan Kapasitas dan Jaringan Forum Zakat akan mendampingi lembaga zakat dalam proses tumbuh dan berkembangnya, baik secara kelembagaan maupun perorangan.

    Melalui Sekolah Amil Indonesia, Bidang Pengembangan Kapsitas dan Jaringan akan melakukan peningkatan kapasitas para amil zakat, sehingga para amilnya memiliki standarisasi dan kompetensi yang memadai. Harapannya, dengan makin baiknya kompetensi para amil zakat di agar tiap lembaga zakat, kepercayaan masyarakat kepada lembaga zakat bisa semakin tinggi.

    Dalam penyalurannya, lembaga zakat harus juga bekerjasama dengan stakeholder yang ada di masyarakat, karena itu fungsi Forum zakat untuk memperkuat jaringan kerja menjadi perhatian bidang ini. Sehingga makin banyak lembaga yang terkoneksi, dan peran tiap lembaga zakat dalam pengentasan kemiskinan bisa semakin besar.

    Bidang advokasi dan jaringan

    Untuk membangun sebuah gerakan zakat yang berefek signifikan bagi masyarakat, penguatan jaringan kepada stakeholder sangat diperlukan. Penguatan Konten Materi isu seputar zakat dan filantropi dilakukan bidang advokasi dan pengawasan dengan metode Diskusi Ahli, FGD/Diskusi Publik, dan Riset Literatur.

    Selain itu, Penyikapan Isu-isu Strategis di masyarakat dilakukan bidang advokasi dan pengawasan dengan metode yang sama, audiensi dengan DPR, kementerian terkait seperti PMK, Kemensos, Kemenag, serta internal Meeting Dengan BPH FOZ.

    Bidang Kerjasama dan Sinergi

    Setiap lembaga pasti punya keunggulan masing-masing. Dan fungsi bidang kerjasama dan sinergi Forum Zakat adalah membangun dan mengkolaborasikan tiap keunggulan yang ada di setiap lembaga zakat untuk dikelola menjadi sumber daya yang lebih besar dan dirasakan manfaatnya bagi masyarkat, terutama dalam merespon fase tanggap darurat dan recovery bencana serta konflik sosial.

    Semua portofolio yang ada ditiap lembaga di inventarisasi dan di riset oleh bidang kerjasama dan sinergi dalam focus group discussion, serta dipublikasikan menjadi pusat data (big data) pengelolaan zakat, agar terjadi sinergi dan membuka akses Sumber Daya yang Dapat Dimanfaatkan Anggota FOZ

    Close Menu