Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Kerjasama FOZ dengan Bukalapak: Ini Keuntungan yang Didapat Anggota FOZ

    Kerjasama FOZ dengan Bukalapak: Ini Keuntungan yang Didapat Anggota FOZ

    Bagikan Ini :

    Program kemitraan pemberdayaan ekonomi umat antara Forum Zakat (FOZ) bersama Bukalapak, yang sudah ditandatangani pada Jumat (29/3) lalu di kantor Bukalapak akan memberikan banyak keuntungan bagi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota FOZ, khususnya dalam aspek penghimpunan dan pemberdayaan masyarakat.

    Dalam aspek penghimpunan, OPZ anggota FOZ akan memiliki kanal donasi khusus di website dan aplikasi Bukalapak. Kanal donasi yang dimaksud adalah untuk penghimpunan dana zakat, infak, sedekah. Tidak hanya ZIS, Bukalapak juga memberikan fasilitas penghimpunan dana yang bersifat tematik, seperti dana kebencanaan dan Qurban. Adanya fasilitas ini tentu akan meningkatkan angka penghimpunan zakat nasional.

    Untuk aspek pemberdayaan masyarakat, FOZ menyoroti dua isu pada kemitraan ini yaitu kurangnya daya serap pasar terhadap produk pemberdayaan OPZ dan peningkatan kapasitas digital marketing baik bagi mustahik binaan OPZ maupun  bagi amil zakat. Oleh karenanya, Bukalapak yang juga memiliki misi yang dalam pemberdayaan masyarakat akan membuat kamar khusus pada website dan aplikasi Bukalapak yang menampilkan berbagai macam produk hasil pemberdayaan OPZ.

    Hal ini diharapkan dapat mempertemuan banyaknya produk pemberdayaan masyarakat yang dikelola OPZ dengan pembelinya. Dengan adanya 50 juta database yang dimiliki Bukalapak, misi untuk meningkatkan pendapatan mustahik binaan OPZ menjadi sangat mungkin.

    Selain itu, Bukalapak juga berfokus untuk memberikan pelatihan-pelatihan bagi mustahik/UKM binaan OPZ agar memiliki skill digital marketing. Selain untuk mustahik, pelatihan digital marketing juga akan diberikan bagi amil zakat OPZ anggota FOZ untuk meningkatkan performa OPZ pada era industry 4.0 ini. Untuk melaksanakan pelatihan ini, FOZ dan Bukalapak akan berkeliling Indonesia menjangkau berbagai daerah bertemu dengan ribuan mustahik/UKM binaan OPZ.

    Bentuk layanan lainnya yang juga ada pada kemitraan ini diantaranya warung rakyat digital, yang akan membuat warung kecil di sekitar OPZ bisa naik kelas dan lebih sejahtera, dan program Beasiswa FOZ dan Bukalapak.

    Menurut Ketua bidang Sinergi Forum Zakat nasional Angga Nugraha, dalam program kemitraan tersebut FOZ hanya  berfungsi sebagai fasilitator untuk mempermudah para anggotanya untuk tumbuh dan  berkembang, dan tidak membuka satu kanal donasi atas nama FOZ.

    Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen FOZ dalam melayani lembaga amil zakat untuk dapat lebih optimal dalam aspek penghimpunan dan pemberdayaan masyarakat.

    Forum Zakat, adalah asosiasi organisasi pengelola zakat yang menaungi 121 OPZ, mulai dari tingkat nasional sampai kabupaten kota.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu