Sekolah Amil Indonesia Launching E-Course Friendraising

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ForumzakatSekolah Amil Indonesia meluncurkan e-course Friendraising pada Selasa (27/02/2024) dengan tema “Beyond Fundraising”. Adanya kursus daring ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para amil dalam mempersiapkan momentum kuantum di bulan Ramadhan. 

Kata “fundraising” memang kerap kali menjadi hal yang ditakuti oleh para amil, terlebih ketika target yang ditentukan begitu besar dan tidak selaras dengan kapasitas serta jumlah sumber daya yang ada. Oleh karena itu, Bambang Suherman selaku Ketua Forum Zakat 2021-2024, membungkusnya dengan ramah kata “Friendraising”.

Untuk kursus daring fundraising kali ini, Bambang Suherman yang langsung memaparkan materinya. Dengan latar belakang beliau sebagai Direktur Dompet Dhuafa, pengalamannya sudah tidak diragukan lagi. Strategi fundraising sudah menjadi kehidupan sehari-hari dan tentunya banyak hal yang Pak Bambang dapat bagi.

Dengan nuansa ramah, materi e-course Friendraising terdapat 4 tahap dan 9 jurus kunci tingkatkan fundraising. Tahapan tersebut di antaranya, 

  • Tahap 1: Market Education

Dalam tahap Market Education, para amil akan belajar mengenai “social mission” yakni sebuah cara mengedukasi target donatur dengan mengampanyekan pesan program dan konten yang dikembangkan. Kemudian para amil akan belajar “program dan portofolio” untuk merancang produk atau layanan ZISWAF.

Adapun pada tahap satu ini, para amil juga akan belajar “program amplifikasi”, yakni sebuah cara komunikasi dan tools yang diperlukan untuk mengkomunikasikan produk atau layanan kepada target donatur. Jadi, di tahap satu lebih banyak mengajarkan pelayanan dan memasang strategi membangun komunikasi dengan target donatur.

  • Tahap 2: Movement

Pada tahap movement akan lebih banyak mempelajari seputar strategi gerak amil dan memanfaat peluang. Seperti “social movement” yang memaparkan langkah-langkah bergerak dan kontribusi bersama menyuarakan kampanye program melalui event. 

Selanjutnya “join the club” yang merupakan teknik upaya pengembangan outlet untuk menangkap lebih banyak donatur. Tahap ini bercerita tentang dua trik inisiatif, antara lain pengembangan channel dan cara meningkatkan customer experience pada outlet. 

  • Tahap 3: Resources Mobilization

Pada tahap ketiga ini akan lebih banyak membahas terkait “give your resources”. Dalam materi Pak Bambang memaparkan bagaimana lembaga ZISWAF dapat menghimpun segala sumber daya yang dibutuhkan untuk menyukseskan program. Materi utamanya yakni, teknik perkuat saluran transaksi lembaga ZISWAF.

  • Tahap 4: Collaboration

Kemampuan yang dimiliki para amil harus saling dihubungkan dalam sebuah kolaborasi. Hal tersebut juga disampaikan oleh Pak Bambang dalam tahap 4 ini, yakni program delivery, volunteerism, dan collaborative program. 

Pada materi “program delivery”, Pak Bambang memaparkan teknik menghadirkan kepuasan pada penerima manfaat dan donatur setelah mengikuti program. Kemudian “volunteerism” merupakan materi langkah-langkah mengembangkan pengalaman donatur dengan keterlibatannya sebagai relawan sehingga secara sukarela, para donatur akan senang hati menceritakan pengalamannya.

Kemudian yang terakhir ada “collaborative program” memaparkan teknik bagaimana cara memunculkan pengalaman otentik bagi donatur dari mengusulkan ide program secara mandiri, mempromosikan, mencarikan dana, hingga turut mengeksekusi program secara bersama.

Itulah empat tahap e-course Friendraising yang bisa Anda dapatkan di sini. Jangan sampai lewatkan penawaran spesial hingga sampai 15 Maret 2024. Tunggu apa lagi? Segera amankan e-course Friendraising Anda sekarang!