Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Jelang Idul Adha, DT Peduli Sukabumi Siapkan Hewan Qurban

    Jelang Idul Adha, DT Peduli Sukabumi Siapkan Hewan Qurban

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Jelang Idul Adha, anggota Forum Zakat DT Peduli Sukabumi Persiapkan Hewan Qurban Sejumlah 159 hewan ternak di wilayah kandang mitra Daarut Tauhiid (DT) Peduli Sukabumi dipersiapkan untuk program Qurban Peduli Negeri (QPN) DT Peduli.

    Hewan mulai ditimbang kemudian dilakukan penomoran lokasi hewan, agar memudahkan para donatur yang berqurban. Penimbangan domba ini sudah dilakukan beberapa hari.

    “Untuk mengefektifkan waktu, penimbangan harus dilakukan oleh orang yang sudah paham menjinakkan hewan. Penimbangan juga dilakukan sedikitnya oleh dua orang dan dibutuhkan tenaga yang ekstra,” kata salah seorang peternak, Rully.

    Persiapan selanjutnya adalah memastikan hewan qurban dalam keadaan sehat. Adapun ciri-ciri hewan qurban yang sehat adalah basah di bagian hidung dan bagian tubuh tidak ada yang cacat. Setelah itu hewan qurban diberikan perawatan berupa pemotongan bulu dan kuku.

    “Baru kali ini menimbang domba, rasanya luar biasa! Saya kira prosesnya mudah, ternyata apapun mesti ada teknik. Harus orang yang biasa menghirup udara kandang domba. Mesti sabar, dan tahan bau,” kata Satgas DT Peduli Sukabumi, Lusratu. Ada cerita tersendiri saat penimbangan hewan qurban. Karena dombanya tidak bisa diam, beberapa kali badan penimbang hewan ditubruk atau cedera ringan, seperti bagian tangan luka atau memar. (*)

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu