Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

Geliat Forum Zakat Wilayah

Forum Zakat Wilayah (FOZWIL) di berbagai daerah semakin mengukuhkan posisinya. Dimulai dari Sumatera Barat. Usai diskusi publik tentang RPP Zakat yang dihelat oleh DD Singgalang, Selasa (21/1) beberapa LAZ dan BAZ berkumpul mendiskusikan sinergi antar OPZ di Kota Padang. “Kami berharap pertemuan ini bisa menjadi awal revitalisasi Forum Zakat Wilayah (FOZWIL) Sumbar yang selama ini agak mati suri,” kata Musfi Yendra, Kepala DD Singgalang.

Usai pertemuan itu, dilakukan silaturahim lanjutan dengan Ketua FOZ Wil Sumbar, Maigus M Nasir untuk membicarakan persiapan Muswil FOZ Sumbar. Maigus mempersilakan tenaga muda para amil yang masih bertugas untuk mengaktifkan kembali Forum Zakat.

Sumatera Utara juga tak mau ketinggalan. Dalam pertemuan pada Rabu (19/2) di Medan, 10 LAZ bersepakat untuk mengaktifkan kembali FOZ Wilayah Sumut. Hadir di sana Dompet Dhuafa Waspada, PKPU, RZ, BMH, BMM, LAZ Ulil Albaab, LAZ Namira, LAZ PLN Medan, Bazma Pertamina, dan YBM BRI.

Pertemuan itu diawali dengan pembahasan sinergi untuk mengatasi Sinabung. Pembahasan kedua adalah tentang struktur organisasi FOZ. Direktur Baituzzakah Pertamina Medan, Sutrisno mengatakan, tinggal dia sebagai pengurus FOZ Sumut yang tersisa. “Dulu dilantik oleh Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho di Hotel Madani. Meski usai itu tak ada kegiatan berarti,” katanya.

FOZ Sumut sejatinya diketuai oleh Maratua Simanjuntak. Namun Maratua saat ini sudah tidak menjabat sebagai amil di Baznas Provinsi Sumut. Menurut AD/ART FOZ, jika sudah tidak amil, maka kepengurusan harus dialihkan. “Maka, sekarang saatnya kita mempersiapkan kepengurusan FOZ Sumut yang baru,” sambut Hambali, General Manager Dompet Dhuafa Waspada.

Pertemuan dua jam itu akhirnya menyepakati sinergi untuk penanganan bencana Sinabung, yang difokuskan pada tiga hal: proteksi akidah, pembangunan masjid yang rusak, dan pelayanan kesehatan dasar.

Selain itu, pertemuan penting itu juga menyepakati pembentukan panitia persiapan Musyawarah Wilayah FOZ Sumut. Lembaga yang hadir sepakat untuk iuran sebesar Rp 500 ribu tiap lembaga sebagai modal awal persiapan Muswil.

Panitia itu diketuai oleh Rusdi Saleh Koto. “InsyaAllah kami akan mempersiapkan Muswil ini. Menunggu SK dari FOZ Nasional dan silaturahim kepada Baznas Sumut,” kata Rusdi yang juga Kepala Cabang Rumah Zakat Medan.

Selain Sumut, FOZ Wil Jatim dan Jogjakarta juga mempersiapkan waktu untuk Muswil. Wilayah lain seperti Kalsel yang belum pernah terbentuk FOZ bahkan sudah meminta FOZ Nasional untuk memfasilitasi pembentukannya.

Leave a Reply

Close Menu