Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    MAI Perwakilan Jawa Barat Gulirkan Program Rumah Sehat Mandiri

    MAI Perwakilan Jawa Barat Gulirkan Program Rumah Sehat Mandiri

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Anggota Forum Zakat yakni Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation Region VI (Perwakilan Jawa Barat) menggulirkan Program Rumah Sehat Mandiri (RSM) Support Center Covid-19. Rumah sehat Mandiri (RSM) Support Center Covid-19 merupakan Program tanggap MAI terhadap wabah Covid-19 melalui Rumah Sehat Mandiri (RSM).

    Adapun kegiatannya yaitu memberikan bantuan kepada pahlawan kemanusiaan seperti tenaga medis dan rumah sakit hingga bantuan ketahanan pangan untuk masyarakat. Untuk diketahui, secara Nasional, Mandiri Amal Insani (MAI) memiliki enam Rumah Singgah Mandiri (RSM). Dua diantaranya sudah dialihfungsikan yg semula untuk pasien, kini digunakan oleh tim medis yang sedang menangani pasien covid-19.

    Untuk selanjutnya yaitu RSM Bandung yg sedang dipersiapkan untuk alih fungsi menjadi tempat singgah tim medis RSHS. Secara Prosedur kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak stakeholders seperti RT,  RW, Lurah, dan pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).

    Pada Kamis (30/4/2020) secara simbolis MAI telah menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan 100 Paket Sembako diperuntukan untuk Masyarakat yg berada di sekitar Rumah Sehat Mandiri (RSM).

     

     

    Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Umum dan Operasional Rumah Sakit Hasan Sadikin Dr. Muhammad kamaruzzaman, MSc, Lurah Pasteur Aep Sahri, Kepala Cabang Mandiri RSHS Florentina V. Niken, Branch Operation Manager Fahrizal, BABINSA Kel. Pasteur Rizal, BABINKATIMBMAS Kel. Pasteur Maruli, Ketua RW 08, dan Ketua RT 02.

    Adapun rincian Alat Pelindung Diri (APD) yg diserahkan yaitu berupa Hazmat : 10, Sepatu booth : 5, Pelindung (face shield) :10, Kaca mata : 10, Maxter sarung tangan : 5 box, Masker N95 : 3 buah dan masker diapro 5 box. Bantuan tsb diterima Langsung oleh Dr. Muhammad kamaruzzaman, msc Selaku Direktur Umum & Operasional. Kemudian untuk Rincian Paket Sembako nya yaitu Beras 5 kg, Mie instant 5 bks dan Minyak 1 liter, bantuan tersebut diterima oleh Aep selaku Lurah Pasteur.

    Dalam sambutannya, Widad selaku Plt Manager menyampaikan bahwa Rumah Sehat Mandiri (RSM) Support center ini merupakan bentuk ketanggapan MAI terhadap Wabah Covid-19. Harapannya dengan keberadaan RSM Support Center ini kedepannya akan menjadikan pusat sentralisasi bantuan mulai dari kebutuhan tim medis hingga kebutuhan pangan.

    “Sampai saat ini kami masih menangani Pasien Covid-19, di RSHS sendiri dalam penanganan covid-19 ini kami membagi 3 zona. Diantaranya ialah Zona merah, yg berarti di zona ini ada pasien covid-19 nya atau bisa dikatakan ruang isolasi. Kemudian selanjutnya yaitu zona kuning, zona ini merupakan zona orang yg baru datang dan dan diduga covid. Kemudian terakhir yaitu zona hijau, di zona ini lebih ke pelayanan administratif,” kata dia.

    “Mengingat penularan virus ini adalah dari manusia ke manusia, tentunya APD ini sangat kami butuhkan dalam menangani pasien covid-19. Saya mewakili jajaran manajemen RSHS menghaturkan terima kasih kepada Mandiri Amal Insani yg telah memberikan bantuannya ,” imbuh Dr. Zaman Direktur Ops & Umum RSHS. (*)

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu