Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Penuhi Kebutuhan Air Bersih, MAI Resmikan ‘Program Air Bersih Untuk Kehidupan’ di Riau

    Penuhi Kebutuhan Air Bersih, MAI Resmikan ‘Program Air Bersih Untuk Kehidupan’ di Riau

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Anggota Forum Zakat, Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation, meresmikan Program Air Bersih Untuk Kehidupan demi memenuhi kebutuhan air bersih di desa Sialang Sakti  Tenayan Raya, Pekanbaru Riau pada Kamis (20/2/2020). Peresmian berlangsung persis di halaman rumah Bapak Iskandar tepatnya di pinggir Jalan Badak Ujung Sail.

    Program yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan 300 KK warga desa, dengan pengeboran sedalam 150 meter ini merupakan kerjasama Mandiri Amal Insani Foundation dengan LAZ Provinsi Swadaya Ummah sebagai fasilitator program.

    Dalam sambutannya, Wakil Departemen Agama Provinsi Riau, Kamaludin, menyampaikan apresiasinya atas kontribusi MAI.

    “Ini merupakan sinergi yang bagus antara pemerintah dengan masyarakat. Saling berkoordinasi ke aràh yg lebih produktif, masyarakat harus mengikuti pendampingan program berikutnya agar berdaya dan swadaya,” katanya.

    Lebih lanjut, ia menjabarkan, di daerah Riau baru ada 12 LAZ yang resmi dan saat ini 109 milyar dana zakat terhimpun seluruh Provinsi Riau dan merupakan potensi besar dalam pengentasan kemiskinan.

     

     

    Sementara, Pimpinan MAI Foundation, Iwan Rudiyana, menyebutkan Program Air Bersih Untuk Kehidupan selama tahun 2019 sudah meresmikan 10 desa sasaran dengan nilai bantuan mencapai 1 milyar lebih. “Tahun ini InsyaAllah berkembang menjadi 15 desa sasaran,” jelas Iwan.

    Menurutnya, program ini terbukti mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, karenanya ia juga sangat mengapresiasi waqaf tanah untuk pengeboran air bersih dari pak Iskandar (warga setempat).

    Bentuk pelaksanaan Program Air Bersih Untuk Kehidupan adalah pengeboran Air bersih dan pembuatan bak penampungan air (toren)  yang mampu memenuhi kebutuhan sekitar 300 kk di dusun tersebut.

    Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di penampungan air oleh Pimpinan MAI, Bpk Iwan Rudiyana, pejabat Departemen Agama Provinsi Riau, Bpk. Kamaludin dan Camat Tenayan Raya, Ibu Indah. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu