Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Salurkan Dana CSR Ke Ekonomi Mikro

    Bagikan Ini :

    SOLO—PT Bank Syariah Bukopin (BSB) melaksanakan program corporate social responsibility (CSR) “BSB Pemberdayaan Ekonomi Ummat” dengan menyalurkan dana CSR ke pemberdayaan ekonomi mikro melalui kerjasama dengan Lembaga Zakat Nasional Muhammadiyah (LAZISMU). Peluncuran program dilaksanakan secara simbolis diwakili oleh Direktur BSB Eriandi dan   Direktur Utama LAZISMU M. Khoirul Muttaqin dengan disaksikan Jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah  Jajaran Aisyiyah Surakarta dan Jajaran Pimpinan LAZISMU Surakarta.

    “Semoga dengan adanya CSR melalui Program Komunitas Berkelanjutan yaitu “Program Pemberdayaan Ekonomi Ummat” bisa sedikit menyalurkan dana CSR kami ke ekonomi mikro. Kami berharap adanya program ini dapat memunculkan wirausaha kecil yang berkesinambungan,” tutur Eriandi usai acara Penyerahan Bantuan Modal Usaha kepada Binaan LAZISMU di Balai Muhammadiyah Kota Surakarta,  Jl. Teuku Umar No 5 Keprabon, Surakarta.

    Acara serah terima ini akan dirangkai dengan acara pelatihan enterpreneur bagi penerima manfaat dimana sistem monitoringnya dari dana yang disalurkan nanti akan dilakukan bersama dengan Majelis Ekonomi PDM Surakarta, kemudian akan dilakukan pertemuan bulanan yang diisi dengan pengajian bisnis dan sekaligus pembayaran bergulir.

    Selanjutnya, dana tersebut digunakan dalam pengembangan program “Pemberdayaan Ekonomi Ummat” melalui program kewirausahaan bagi pengusaha kecil/mikro dan calon wirausaha dengan program pelatihan, pembentukan unit usaha, permodalan, operasional usaha dan pendampingan.

    “Untuk sementara waktu di Solo ini, jumlah penerima manfaat atau bantuan modal bergulir adalah sebanyak 20 orang/usaha, dimana usaha tersebut ada yang sudah mulai berjalan maupun akan berjalan. Selanjutnya ke depan, Insya Allah BSB akan mengembangkan program ini ke beberapa daerah sebagai wujud nyata kepedulian BSB terhadap masyarakat sekitar,” ujarnya.

    Eriandi berkeyakinan, kepedulian dan keterlibatan nyata BSB dalam kegiatan sosial masyarakat akan memberikan nilai lebih bagi perusahaan sebagai tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar.

    Berbagai pencapaian dalam pelaksanaan CSR ini telah mendatangkan pengakuan dan apresiasi dari berbagai pihak. Sejumlah penghargaan telah kami terima, diantaranya dari Perbanas Institute bekerja sama dengan dengan Majalah Business Review dalam acara Anugerah Perbankan Indonesia kategori bank syariah dengan asset kurang dari  Rp. 1 –  10 Triliun dinobatkan sebagai Peringkat  ke-1 kategori The Best Bank 2012 in Best Corporate for Corporate Social Responsibility.

    Akhir kata, Eriandi menegaskan, “Melalui program ini diharapkan institusi keuangan atau perbankan, khususnya BSB juga dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan ekonomi ummat yang produktivitas bagi para pelaku ekonomi mikro,” tambahnya.[]

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu