Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Walikota Bandung, Pusat Zakat Umat (PZU) dan YBM PLN Kolaborasi Resmikan Bedah Rumah

    Walikota Bandung, Pusat Zakat Umat (PZU) dan YBM PLN Kolaborasi Resmikan Bedah Rumah

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Dua anggota Forum Zakat, Pusat Zakat Umat (PZU) dan YBM PLN berkolaborasi dalam Program Bedah Rumah di kelurahan Nyengseret, kecamatan Astanaanyar, kota Bandung. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu membangun kembali rumah yang kondisinya rusak dan tidak layak ditempati.

    Program yang dilaksanakan sejak awal bulan Desember ini, merupakan realisasi dari Protocol Collaboration Forum Zakat for Poverty Reduction yang ditandatangani kedua anggota Forum Zakat tersebut dalam CEO LAZ Forum, Oktober lalu. Kerjasama terjalin mengingat Lembaga Amal Zakat disebut memiliki tugas untuk mengelaborasikan potensi yang ada pada semua lembaga agar manfaat zakat lebih optimal dirasakan baik bagi muzakki maupun mustahik, khususnya dalam upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia.

    Turut hadir dalam agenda tersebut, para penerima manfaat, Walikota Bandung – H. Oded Muhammad Danial, S.A.P dan istri Siti Muntamah, Direktur Utama PZU – Dr. Ahmad Hasan Ridwan M.Ag, Manajer PT PLN (Persero) UP3 Kota Bandung – Majuddin, beserta para jajarannya. Adapun total rumah yang direnovasi berjumlah 10 unit rumah dengan menelan biaya hingga 500 juta rupiah.

    Mang Oded, sapaan akrab Walikota Bandung itu menyampaikan rasa bahagianya atas kolaborasi yang berjalan. “Saya sedang berbunga hari ini. Alhamdulillah di Kota Bandung, sedang berjalan kolaborasi proses kerjasama antara pemerintah, dengan PLN, khususnya perusahaan dan juga lembaga zakat yakni PZU dan YBM PLN,” ujarnya.

     

     

    Menurut dia, inovasi, kolaborasi dan desentralisasi (pelayanan yang lebih spesifik, red) maka akan menjadikan warga Bandung warga yang bahagia dimulai dari Antasaanyar. Lebih lanjut kata dia, apa yang dibangun oleh PZU dan YBM PLN ini juga dibarengi dengan kemampuan manajemen yang bagus oleh semua pihak termasuk pemerintah. Ia juga berpesan kepada para penerima manfaat untuk menjaga titipan Allah melalui PZU dan YBM PLN dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah.

    Senada, Direktur Utama PZU, Ahmad Hasan Ridwan juga menegaskan bahwa program ini bersifat kolaboratif dalam rangka kegiatan lebih ekselen. “Agar memberikan yang terbaik untuk umat, maka perlu kolaborasi. Kalau tidak kolaborasi, sebuah program sifatnya akan parsial dan tidak dirasakan banyak orang,” katanya.

    Sementara, Manager PT PLN UP3 Bandung, Majuddin menyampaikan rasa syukurnya telah dapat membantu banyak pihak sejak YBM PLN berdiri. “Tentunya dalam bidang sosial kemasyarakatan, kesehatan, dakwah, ekonomi, dan pendidikan. Implementasi dari lima pilar tersebut, hari ini kita bisa membangun 10 unit,” katanya.

    Dalam kesempatan lain, Ketua Forum Zakat, Bambang Suherman mengapresiasi kolaborasi antar anggota FOZ. Agenda tersebut juga dibarengi dengan peletakan batu pertama renovasi ‘Rumah Cahaya Bangkit’ yang juga merupakan sinergi antara YBM PLN dan Pusat Zakat Umat (PZU).

    Rencananya, rumah cahaya bangkit diharapkan dapat menjadi wadah untuk mencetak generasi-generasi yang berkualitas dan berakhlakul karimah. Melalui, pelatihan-pelatihan lifeskill seperti Pelatihan Tata Busana, Pelatihan Sablon, Pelatihan Mencukur, Pelatihan Tata Boga/Kuliner, Pelatihan Teknisi AC, Pelatihan Digital Marketing, Pembelajaran Al-Quran, Aqidah Akhlaq dan Fiqih Ibadah.

    Dalam acara peresmian ini juga dilaksanakan Sebar 1000 sembako yang dibagikan untuk 6 Kelurahan, Nyengseret, Karangaanyar, Cibadak, Pelindung Hewan, Karasak, Panjunan.

    Semoga sinergi antara YBM PLN dan PZU akan terus berlanjut dan bermanfaat bagi umat, dan adanya program program berbagi kebahagiaan untuk umat. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu