Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Cerita “Daarul”, Kambing Pejantan Andalan DT Peduli Yogyakarta

    Cerita “Daarul”, Kambing Pejantan Andalan DT Peduli Yogyakarta

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Monitoring program Peternak Tangguh pada Jumat (28/8/2020) berlangsung dengan lancar. Pada kesepatan itu, Slamet, mitra program Peternak Tangguh bercerita tentang Daarul, kambing pejantan andalan Peternak Tangguh DT Peduli Yogyakarta yang merupakan anggota Forum Zakat.

    Di Dusun Jonggrangan, Kabupaten Kulon Progo, terdapat dua kelompok Peternak Tangguh kambing peranakan etawa. Total ada 40 ekor indukan dengan dua pejantan. Salah satu pejantannya bernama Daarul. Akhir pekan ini, Daarul dikabarkan akan mengikuti kontes kambing peranakan etawa secara daring.

    Perlombaan tersebut dilakukan untuk mencari kambing peranakan etawa terbaik dengan keindahan bulu, tanduk, postur tubuh, termasuk silsilah keturunan hewan yang berkualitas. Sesi photoshoot pun sudah dilakukan beberapa hari yang lalu. Slamet menuturkan, harga jual Daarul meningkat drastis dalam 6 bulan ini.

    “Bulan Februari belinya kan 15 juta, baru-baru ini ada yang nawar harga 35 juta. Ya gak dikasih, lha wong punya umat,” kata Slamet sambil tertawa.

    Slamet menargetkan posisi juara untuk Daarul ketika melihat perkembangan berat badan dan kualitasnya. Selama enam bulan program, setidaknya terdapat delapan anakan kambing peranakan etawa yang sudah lahir dari 20 ekor indukan.

    Bersamaan dengan kegiatan monitoring, tim DT Peduli Yogyakarta juga melakukan pengadaan pejantan kedua. Pejantan ini diharapkan dapat mem-backup pemijahan ternak untuk 20 ekor indukan lainnya.

    Kabag Program DT Peduli Yogyakarta, Novianto berharap program ini dapat lebih banyak memberi manfaat kepada masyarakat.

    “Ke depannya DT Peduli ingin menggali lebih banyak potensi dan melakukan pengembangan komunitas berdasar aset/modal yang dimiliki masyarakat setempat,” ujarnya. (*)

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu