Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Edukasi Bambu, Sinergi Foundation Segera Bangun Firdaus Bamboo EduPark

    Edukasi Bambu, Sinergi Foundation Segera Bangun Firdaus Bamboo EduPark

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Begitu banyak potensi yang terdapat dalam pohon bambu untuk kelestarian bumi. Sayangnya, masyarakat masih belum menyadari potensi ini. Sebab itu, dalam rangka mengedukasi fungsi bambu, anggota Forum Zakat yakni Sinergi Foundation akan segera membangun Firdaus Bamboo Edupark.

    “Melalui Firdaus Bamboo Edupark, kami membudidayakan bambu secara massif, sekaligus memberikan nilai-nilai manfaat bambu,” kata manager program Sinergi Foundation, Eggie Ginanjar.

    Menurutnya, bambu adalah salah satu alternatif untuk menjaga bumi. Selain dapat memperbaiki cadangan air, bambu juga memproduksi oksigen segar bagi manusia di sekitarnya.

    Ia melanjutkan, “Sayangnya dari data LIPI, diperkirakan sekira 15-20 tahun ke depan orang Indonesia tidak akan melihat lagi pohon bambu akibat eksplorasi besar-besaran tanpa disertai budidaya. Peran Firdaus Bamboo Edupark adalah agar jangan sampai perkiraan ini sampai terjadi,”

    Melalui program ini, Sinergi Foundation mencoba membuat Kawasan wisata bambu yang berkelanjutan secara ekonomi, sosial, dan lingkungan. “Sebab program ini mendukung keluarga petani konservasi bambu agar terberdayakan dan bisa merasakan nilai tambah dari bambu. Bambu bisa dijadikan produk souvenir, kerajinan tangan, bungkus makanan, bahkan pangan rebung di rumah makan,” katanya.

    Firdaus Bamboo Edupark ini direncanakan akan dibangun di Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat. “Harapannya, tempat ini bisa seasri Arashiyama Bamboo Forest di Jepang, atau Damyang Bamboo Park di Korea Selatan. Mohon doanya!” tandasnya. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu