Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Forum Zakat Gelar Kumpul Relawan

    Forum Zakat Gelar Kumpul Relawan

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Forum Zakat mengadakan Kumpul Relawan Gerakan Zakat pada Jumat, (9/10/2020). Kumpul Relawan ini diikuti oleh para relawan yang terjun ke lapangan khususnya saat bencana baik nasional maupun daerah, meliputi DMC (Dompet Dhuafa Disaster Management Center), HRI (Harfa Rescue Indonesia), Tim Kemanusaiaah NH, Tim Kemanusiaan BMH, Sinergi Foundation dan berbagai tim kemanusiaan anggota Forum Zakat lainnya.

    Dalam sambutannya, Kasubdit Kesiapsiagaan Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Tetrie Darwis mengingatkan kembali pada para relawan untuk mencintai pekerjaan sebagai relawan.  “Ketika kita mencintai, haqqul yakin Allah akan mengridoi apapun yang kita kerjakan. Rasanya itu kata kuncinya, ikhlas dan cinta. Artinya jangan bandingkan dengan apapun, karena kerjaan kemanusiaan pasti dinamikanya seru, mulai dari bagaimana koordinasi, membantu orang, mencari dana, dan lain sebagainya,” tuturnya.

    “Saya lebih yakin karena semuanya adalah kembaga zakat yang normanya sudah sangat jelas, sumbernya dari Alquran, teladannya Rasulullah, yang dilakukan oleh ananda yang soleh dan soleha. Terus kuatkan barisan untuk menebar kebaikan di NKRI tercinta, usia boleh bertambah tua, tapi mengabdi selamanya,” pesannya.

    Senada, Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Drs. Pangarso Suryotomo juga mengapresiasi kinerja para relawan. “Selamat berdiskusi, atas nama BNPB saya pribadi ucapkan terimakasih teman-teman semuanya yang sudah memberikan bantuan di berbagai lokasi bencana,” ujarnya.

    “Harapannya kami ingin untuk bisa menjadi agen perubahan perilaku demi mengurangi bencana baik bencana alam bencana non alam,” lanjutnya.

    Kumpul relawan kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama para perwakilan relawan dari berbagai tim kemanusiaan anggota Forum Zakat, diantaranya Komandan Kebencanaan NH Perwakilan Sulawesi – Ferry, Direktur Cabang IZi – Arman, Tim Kemanusiaan Rumah Zakat – Mujiburrahman, Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH – Syamsudin, Tim Kebencanaan Dompet Dhuafa Disaster Management Center – Ahmad Lukman, Komandan Harfa Rescue Indonesia LAZ Harapan Dhuafa – Ii Irfan, Direktur Program Wahdah Inspirasi Zakat – M Ridwan Umar, Pelaksana Kajian Kebijakan dan Pengembangan Wakaf DD – Syamsul Ardiansyah, Kepala Cabang DT Sukabumi – Rizkia Ananda Winda, Relawan Respon Kebencanaan Sinergi Foundation – Komaludin, dan dimoderatori oleh Pelaksana Kajian Kebijakan dan Pengembangan Wakaf DD – Syamsul Ardiansyah.

    Dalam perbincangan, para narasumber mendiskusikan terkait dengan normalisasi Kebiasaan Baru di lokasi kebencanaan, di berbagai daerah baik dalam masa penanganan bencana alam dan non alam. Para narasumber masing-masing membagikan pengalaman dalam kerelawanan terlebih di masa pandem. (*)

     

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu