Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    FOZ Papua Gelar Aksi Bersama Peduli Korban Kebakaran Dok IX Jayapura

    FOZ Papua Gelar Aksi Bersama Peduli Korban Kebakaran Dok IX Jayapura

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Forum Zakat Papua menurunkan tim beranggotakan 27 orang amil dan relawan untuk melakukan pertolongan kepada warga terdampak kebakaran. Sebanyak 10 Lembaga Amil Zakat anggota FOZ Papua yang terlibat dalam Aksi Bersama Peduli Dok IX jayapura yaitu: As Salaam Jayapura, Dompet Dhuafa (DD), Rumah Zakat (RZ), Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN, Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma), Yayasan Baitul Maal (YBM) BRI, Griya Zakat (GIZA) Permata Papua, Dompet Sosial Lentera Hati (DPLH), Yakesma, dan Nurul Hayat (NH).

    Diketahui, kebakaran yang terjadi di Dok IX Jayapura, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua pada Senin (19/10) pukul 18.00 WIT yang mengakibatkan 158 rumah hangus terbakar si jago merah, 384 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal, dan 1255 jiwa mengungsi. Hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) oleh pihak kepolisian, kebakaran yang terjadi pada malam hari tersebut disebabkan adanya konseleting listrik dari rumah warga. Pemerintah Kota Jayapura telah menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari atas musibah kebakaran ini.

    Mohamad Huri, S.KM., M.Kes selaku Ketua FOZ Papua mengatakan kolaborasi anggota FOZ melalui Aksi Bersama Peduli Dok IX Jayapura adalah bukti nyata keberadaan FOZ Papua dalam memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat. “Dengan Tagline: #KerjaSamaSama #KerenSamaSama, lembaga zakat satu dengan yang lain saling mendukung dan menguatkan. Dampaknya luar biasa, berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi informasi, hingga berbagi pekerjaan dalam memberikan pelayanan,” kata dia.

    “Seluruh relawan anggota FOZ Papua tersebar dan berkontribusi di pos-pos yang telah disepakati bersama, posko induk, gudang logistik, pos Kesehatan, dapur umum, dan lain sebagainya” imbuh Mohamad Huri.

    Merespon kegiatan yang dilakukan oleh FOZ Papua, Irawadi, S.H., M.Si selaku Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura saat ditemui di Posko Kebakaran Dok IX Jayapura Gedung Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (PPAD) Provinsi Papua mengucapkan terima kasih atas sumbangsih Forum Zakat. “Terima kasih kepada Forum Zakat atas sumbangsih baik tenaga maupun barang. Kehadiran teman-teman Forum Zakat memberi makna bahwa semua elemen masyarakat, baik sosial kemasyarakatan maupun sosial keagamaan memberikan perhatian kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah. Sekali lagi terima kasih” tuturnya.

     

     

    Hingga berita ini diturunkan, aksi Bersama Peduli Dok XI Jayapura FOZ Papua telah memberikan bantuan berupa baju sebanyak 20 karton dan bantuan tunai untuk 69 warga (Non Food Item), makanan siap saji sebanyak 1.000 bungkus dan sembako sebanyak 215 paket (Food & Nutrition), dan pelayanan kesehatan kepada pengungsi (Health). Selain itu, relawan juga membantu aktivasi pos pengungsian, manajemen gudang logistik untuk barang masuk dan keluar, aktivasi dapur umum dengan penyedian makanan bagi para pengungsi, pos hangat dengan penyediaan minuman kopi dan teh, serta penanganan dampak psikososial untuk anak-anak dengan kegiatan trauma healing (Protection Child).

    Relawan terus bergerak mendata dan memberikan bantuan kepada warga sesuai dengan kebutuhan selama masa tanggap darurat dan berkomitmen untuk berkontribusi pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehap & Rekon). (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu