Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    IZI dan MTT Bangun Kembali Rumah Terdampak Banjir dan Longsor

    IZI dan MTT Bangun Kembali Rumah Terdampak Banjir dan Longsor

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Anggota forum Zakat yakni Inisatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulawesi Selatan menggandeng Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) lanjutkan program peduli korban banjir Kabupaten Bantaeng dan longsor Kabupaten Jeneponto, berupa renovasi rumah kepada warga terdampak bencana.  Wujud bantuan ini merupakan bentuk kesetiakawanan sosial bagi mereka yang di masa pandemi Covid-19 mendapatkan bencana lain.

    Program perbaikan rumah ini membantu pengadaan seng, tiang, papan dan balok-balok rumah di setiap unit yang diterjang banjir dan longsor. Sebanyak 13 rumah terpilih untuk direnovasi sesuai penilaian di mana bangunan mereka mengalami kerusakan di atas 50 persen.

    Penyaluran bantuan dimulai dari tahap survey untuk memastikan bahwa seluruh yang mendapatkan bantuan revitalisasi dan renovasi rumah betul-betul korban bencana banjir dan longsor yang ada di dua kabupaten tersebut.

    Menurut Ilyas, salah satu relawan lokal, mereka yang mendapat bantuan renovasi rumah ini merupakan warga korban banjir dan longsor yang betul-betul punya lokasi yang cocok untuk di bangun rumah kembali.

    “Jadi, bantuan ini untuk korban yang sudah kami pastikan lokasi rumahnya bisa dibangun kembali. Jangan sampai kita bangun rumah warga namun ternyata lokasinya tidak layak sehingga jika ada bencana susulan maka pasti mereka bisa jadi korban lagi. Seperti ada rumah warga yang di bangun di dekat aliran sungai, itu kami tidak masukkan ke dalam daftar korban penerima bantuan renovasi,” terang Ilyas.

    Adapun titik penyaluran bantuan tersebut difokuskan di tiga kelurahan di kabupaten Bantaeng, yaitu Kelurahan Bonto Sunggu, Bonto Atu dan Bonto Jai. Ketiganya merupakan kelurahan di bawah administrasi Kecamatan Bisappu.

    Selain di Kabupaten Bantaeng, tim penyalur bantuan juga berhasil menjangkau korban longsor yang ada di kecamatan Rumbia, kabupaten Jeneponto. Di lokasi ini terdapat 9 unit rumah yang harus dibangun. Namun untuk tahap awal ini Tim IZI akan menangani 4 unit rumah yang mendapat bantuan revitalisasi dan renovasi rumah.

    Galang, salah satu keluarga korban jiwa dalam bencana longsor di Kabupaten Jeneponto berharap untuk mendapatkan bantuan perbaikan rumah karena selama ini dia harus nginap di rumah keluarganya. Rumah Galang mengalami kerusakan yang cukup parah akibat bencana longsor.

    Di lain pihak, H. Juru mewakili warga yang dibantunya mengapresiasi bantuan renovasi yang datang dari Inisiatif Zakat Indonesia dan Majelis Telkomsel Taqwa ini.

    Ucapan terima kasih disampaikan oleh tokoh masyarakat yang menjadikan kediamannya tersebuat sebagai penyimpanan bahan-bahan bantuan revitalisasi dan renovasi rumah, “karena sudah memperhatikan masyarakat di sini yang ada, dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh mereka,” tuturnya.

    Ichsan selaku penanggung jawab program mengatakan bahwa bantuan tahap awal ini hanya berupa tiang, seng, papan dan sebagian balok-balok untuk memulai pembangunan agar saudara-saudara kita yang tertimpa bencana bisa segera mendapatkan tempat yang layak untuk istirahat bersama dengan keluarganya walaupun masih membutuhkan banyak bantuan bahan-bahan lainnya. (*)

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu