Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Kisah Akbar, Penjual Kue Keliling Naik Pangkat jadi Kepala Resto Bersama RGI

    Kisah Akbar, Penjual Kue Keliling Naik Pangkat jadi Kepala Resto Bersama RGI

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Perjalanan hidup manusia memang tidak selalu mulus. Seperti yang dialami Hidayat Akbaril atau akrab disapa Akbar. Setelah lulus SMK sebenarnya Akbar ingin melanjutkan kuliah. Karena faktor ekonomi, pemuda asal Flores ini harus membantu memenuhi kebutuhan keluarga dengan berjualan kue keliling. Tak jarang Akbar harus berjalan lebih jauh lagi hingga ke pasar agar kue buatan orang tuanya bisa terjual habis.

    Akbar kemudian memutuskan untuk merantau menjadi staff kitchen di salah satu restoran di Bali. Namun masa kerja Akbar di Bali tidak bertahan lama. Gemerlap gaya hidup serta lingkungan yang tidak islami membuat Akbar harus sekuat tenaga menjaga imannya. Meski mendapatkan gaji yang cukup, Akbar kemudian memutuskan untuk keluar dari pekerjaan itu, karena menurutnya hidup yang dia kejar bukan hanya kesenangan dunia semata.

     

     

    Akbar kemudian mendapat kabar dari seorang teman tentang Rumah Gemilang Indonesia (RGI) yang membuka jurusan Chef Halal. Tanpa pikir panjang Akbar langsung mendaftarkan diri menjadi santri RGI.  Setelah mengikuti pendidikan selama 5 bulan Akbar mendapat kesempatan untuk magang di salah satu restoran di Yogyakarta, Jawa Tengah.

    Awal mula masa magang semua terasa amat berat, karena pemilik restoran mengajarkan para santri RGI untuk merintis usaha mulai dari nol, dimulai dari bersih-bersih, menyiapkan peralatan restoran dan tidak diberikan amanah untuk langsung turun ke dapur. Beruntung bagi Akbar, ia langsung diberikan tugas untuk memasak. Dia juga dengan cepat menguasai menu-menu yang ada di restoran. Karena attitude yang baik dan kemampuan masaknya Akbar juga langsung dipercaya menjadi kepala restoran.

    “Saya sangat bersyukur sekali, awalnya saya juga tidak menyangka akan ditempatkan menjadi kepala restoran. Tapi saya juga banyak belajar resep dan menu-menu masakan di RGI kelas chef halal, jadi kesempatan emas ini tidak akan saya sia-siakan,” ujarnya.

    LAZ Al Azhar melalui program RGI terus berikhtiar untuk mencetak pemuda-pemudi pengangguran dan putus sekolah agar bisa menjadi generasi berketerampilan dan berakhlakul karimah agar bisa mandiri, siap kerja dan menjadi tulang punggung keluarga. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu