Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Kompak! LAZIS Amaliah Astra dan BaitulMaalKu Hidupkan Kembali Warung Kecil Ibu Sari dan Pak Ateng

    Kompak! LAZIS Amaliah Astra dan BaitulMaalKu Hidupkan Kembali Warung Kecil Ibu Sari dan Pak Ateng

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Dua anggota Forum Zakat yakni LAZIS Astra Amaliah dan LAZ BaitulMaalKu berkolaborasi dalam hal pelayanan masyarakat terutama dalam masa pandemi. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako kepada para penerima manfaat. Untuk memutar roda perekonomian serta membantu pemenuhan kebutuhan hidup warga terdampak covid-19, LAZIS Astra Amaliah dan BaitulMaalKu membantu 2 warung dengan 40 masyarakat terdampak Covid-19 yang berada di sekitar warung tersebut.

    Ibu Sari (52) merupakan salah satu warga dusun Simargalih dua yang terdampak dari mewabahnya Covid-19. Sehari-hari Ibu Sari yang kini hanya hidup bersama putrinya, menyambung hidup dari hasil warung kecil yang ada di halaman rumahnya. Dari warung kecil tersebut, penghasilan Ibu Sari tidak lebih dari 900 ribu perbulan sementara modal untuk warung harus tetap digulirkan.

    “Terimakasih dengan adanya program ini saya akan kembali mengisi warung saya ini yang masih kekurangan dalam penyediaan bahan-bahan pokok seperti telur dan beras. InsyaAllah setelah ini, dengan bantuan program ini saya akan mengisi warung saya kembali “ ujar Ibu Sari.

    Tidak hanya bu Sari, Pak Ateng (49) pemilik warung kecil di dusun sasakseng yang sebelumnya merupakan seorang buruh bongkar muatan di kawasan turut merasakan dampak dari pandemi ini. Pekerjaan yang sebelumnya dilakukan terpaksa terhenti selama pandemi akibat produksi perusahaan di kawasan industri berhenti berproduksi. Sebelumnya Pak Ateng menerima upah sebanyak Rp. 50.000 per mobil yang dibongkar. Saat ini, beliau hanya mengandalkan pemasukan dari warung kecil di rumahnya.

     

     

     

    “Ya bagaimana, sekarang warung aja pembelinya sudah pada pulang kampung karena diberhentikan. Kebanyakan disini kan karyawan kontrak yang tinggal di kontrakan“ ujar Pak Ateng.

    Bersama program hidupkan ekonomi warung tetangga ini, Pak Ateng akan kembali menghidupkan warung yang sudah mulai kosong dikarenakan tidak ada modal untuk memenuhi bahan-bahan terutama bahan pokok seperti minyak dan telur.

    Setiap titik disalurkan sebanyak 20 penerima manfaat warga terdampak covid-19, seperti pekerja yang dirumahkan dan buruh harian. Bantuan yang diberikan berupa bahan pangan pokok yang dibeli dari warung terpilih yang kemudian menjadi warung berdaya guna menghidupkan kembali warung kecil yang juga terdampak covid-19. Salah satu penerima manfaat merupakan karyawan yang dirumahkan, Ia mengaku sangat program ini sangat membantu terutama di masa sulit seperti ini.

    “Saya sudah dirumahkan sejak bulan Juli, sedangkan belum ada kejelasan kapan saya dipanggil lagi. Alhamdulillah terimakasih LAZIS Astra Amaliah dan BaitulMaalKu sangat membantu dan semoga semakin banyak yang merasakan manfaat program ini“ ujar Kang Heri.

    Program ini akan merambah kepada 150 warung di 25 desa dalam 7 kecamatan di Kabupaten Karawang. “Program hidupkan ekonomi warung tetangga ini insyaAllah langsung menyentuh dua penerima manfaat sekaligus; yaitu penerima bantuan pangan dan warung kecil yang dapat hidup kembali. Selain itu program ini juga mengajak kita untuk bersama dalam mengkampanyekan Gerakan Belanja di Warung Tetangga” pungkas Hamdi, selaku penanggung jawab program. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu