Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    LAZ Al Azhar Bangun MCK Darurat untuk Korban Banjir Masamba

    LAZ Al Azhar Bangun MCK Darurat untuk Korban Banjir Masamba

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar yang merupakan anggota Forum Zakat bersama Tim Public Safety Center (PSC) Kabupaten Gowa berhasil menembus desa terisolir Maipi, Kab. Luwu Utara setelah menempuh perjalanan berlumpur selama empat jam. Hal ini dilakukan dalam penanganan serta pendistribusian bantuan untuk korban terdampak banjir bandang Masamba, Sabtu (25/07/2020) lalu.

    Berdasarkan data lapangan yang diperoleh dari pemerintah daerah setempat, di pengungsian Desa Maipi terdapat 217 KK (Kepala Keluarga) dengan total 569 Jiwa yang masih bertahan. Desa yang berada di arean bantaran sungai besar ini, memiliki kerusakan yang cukup berat. Puluhan rumah di desa Maipi hanyut tergerus banjir.

    Abbas, Koordinator Tim FORMULA LAZ Al Azhar wilayah Makassar mengatakan timnya bergerak menuju Desa Maipi guna mendistribusikan ratusan paket sembako, hygiene kit juga membuka layanan posko medis.

     

     

    “Hari ini kami bersama Tim PSC Kabupaten Gowa bergerak bersama dengan mendirikan posko medis dan ratusan paket logistik juga higien kit untuk para korban terdampak banjir setelah melakukan assesment di Desa Maipi. Selain itu, kami juga mendirikan 14 unit MCK di 7 titik salah satunya di Desa Meli, Kecamatan Baebunta yang sudah bisa digunakan para penyintas banjir,” jelasnya.

    Kepala Dusun Leru, Desa Maipi, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Mardin mengungkapkan rasa terimakasih atas bantuan yang diberikan, mengingat daerah Maipi memiliki akses jalan menuju pemukiman warga yang masih terputus akibat banjir bandang yang terjadi sejak Senin (13/07/2020) lalu.

    “Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan Tim FORMULA LAZ Al Azhar, karena sebagian besar dari kami sudah mulai terserang penyakit ISPA, gatal dan batuk. Dibukanya posko pelayanan medis dan juga bantuan logistik ini menjadi harapan yang sangat besar untuk kami. Karena untuk mendapatkan pelayanan medis saja kami harus berjalan kaki kiloan meter akibat tidak adanya kendaraan dan juga akses jalan yang tertutup lumpur. Terimakasih kepada para muzakki LAZ Al Azhar atas bantuannya semoga Allah SWT melimpahkan kebaikan,” ujarnya. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu