Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Permudah Akses Kesehatan Warga Sambas, BMM Hadirkan Ambulans Terapung

    Permudah Akses Kesehatan Warga Sambas, BMM Hadirkan Ambulans Terapung

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Sebagai bentuk kontribusi nyata BMM dalam bidang kesehatan, Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) meresmikan bantuan Ambulans Terapung dan penyerahan alat kesehatan di Kampung Zakat Sambas, tepatnya di Desa Sulung, Kec. Sejangkung, Sambas, Kalimantan Barat pada Selasa (28/07/2020).

    Diketahui, warga Desa Sulung, Kec. Sejangkung, Kab. Sambas, Kalimantan Barat memang mengalami kesulitan dalam akses menuju rumah sakit atau puskesmas.  Warga Sulung bahkan memerlukan waktu 1 jam perjalanan darat sejauh 10 Km agar bisa sampai ke puskesmas terdekat.

    Hal tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan, terutama bila pasien dalam keadaan darurat dan harus segera ditangani. Ditambah dengan biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal, membuat masyarakat Sulung kesulitan untuk berobat, terutama bagi mereka yang tidak mampu.

    Kondisi Desa Sulung padat penduduk, miskin, dengan akses jalan setapak. Hanya bisa dilalui kendaraan roda 2. “Sulit sekali jika ada warga yang sakit apalagi mau melahirkan,” Tutur Kartinah, Bidan Desa Sulung. Maklum, jika malam apalagi hujan, warga yang sakit mesti ditandu dengan sepeda motor atau mencari pinjaman perahu.

    Alhamdulillah, kini jika ada warga sakit, 24 jam siap dibawa ke puskesmas atau rumah sakit tanpa harus khawatir. Jika sebelumnya warga harus menempuh jarak sejauh 10 Km dan memakan waktu selama 1 jam melalui perjalanan darat, kini mereka dapat menghemat jarak dan waktu setengahnya jika menggunakan perahu berupa ambulans terapung via sungai Sambas untuk menuju puskesmas atau rumah sakit. Ambulans Terapung ini dapat digunakan secara gratis bagi warga yang membutuhkan.

    ‘’Diantara tujuan pengelolaan zakat adalah meningkatkan efektifitas dan efisensi layanan. Pengadaan Ambulans Terapung ini jelas langsung terasa manfaatnya oleh para mustahiq dan memberikan layanan lebih bagi masyarakat dengan infrastruktur yang masih minim seperti Desa Sulung ini. Semoga adanya program ini juga semakin membuka hati para muzakki dan donatur pada umumnya untuk bersinergi menyalurkan zakat dan donasinya melalui lembaga/badan amil zakat sehingga terasa lebih bermanfaat dan berkah,’’ jelas Teten Kustiawan, Direktur Eksekutif BMM.

    Diharapkan dengan adanya bantuan fasilitas Ambulans Terapung ini dapat memudahkan masyarakat tidak mampu di wilayah Sambas dalam mengakses layanan kesehatan. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu