Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Sinergi Kebaikan Qurban FOZ Jember

    Sinergi Kebaikan Qurban FOZ Jember

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Forum Zakat Daerah Kabupaten Jember  dan Kementerian agama Kabupaten Jember bersinergi menyalurkan amanah qurban untuk masyarakat Desa Sumbermanggis Gelang Kec. Sumberbaru pada Idul Adha 1441 H. Puluhan Paket daging teristribusikan kepada warga. Keberangkatan  dilepas langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jember, Muhammad, S.Sos., M.Pd.I. di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.

    Perjalanan menuju lokasi ditempuh dengan waktu 2,5 jam. Hal ini diakibatkan akses jalan yang tak terlalu lebar. Semakin memasuki wilayah yang dituju, akses jalan semakin sempit, hanya cukup untuk dilalui satu roda empat. Tak jarang pengendara roda dua harus mengalah, dengan mengarahkan kendaraannya ke rumah warga.

    Semakin mendekati lokasi, akses jalan semakin penuh dengan tantangan. Jalanan menanjak, menukik, dan berkelok memberikan tantangan tersendiri bagi para amil yang terjun langsung ke lokasi.

    Perjuangan terus dilakukan untuk dapat menaklukkan beratnya medan.  Mereka harus turun dan bergantian bahu membahu mendorong armada dengan dibantu warga agar bisa melalui tanjakan. Beratnya medan, menjadikan kami mengambil keputusan untuk memarkir kendaraan di halaman rumah-rumah warga.

    Perjalananpun dilanjutkan dengan diantar menggunakan kendaraan roda dua milik warga. Selama perjalanan, mereka terlihat begitu lihai mengendarai motor melalui jalanan yang licin.

    Lelah memang, namun semua akhirnya terbayar ketika melihat wajah bahagia warga yang menyambut kehadiran rombongan para pejuang zakat.

    Dalam kegiatan bertajuk “Sinergi Kebaikan Qurban hingga Pelosok Negeri” ini puluhan paket daging qurban, puluhan qornet qurban, diberikan kepada 26 KK yang menghuni perkampungan ini. Tak hanya itu, FOZ Daerah Jember juga menyalurkan paket beras dari Rumah Pangan Indonesia.

    Diantara lembaga amil zakat yang hadir dalam kegiatan ini adalah RIZKI (Rumah Itqon Zakat Dan Infak), Nurul Hayat, Yatim Mandiri, BMH, LAZISMU, Azka Al Baitul Aamiin, dan UPZ Kemenag.

    Pemilihan lokasi ini dilakukan agar qurban tak hanya dirasakan oleh masyarakat tidak mampu di daerah perkotaan saja, namun juga dirasakan manfaatnya oleh mereka yang berada di pedalaman atau di pelosok seperti di Tampingan Gelang, Sumbermanggis. Sebuah wilayah yang mayoritas masyarakatnya setiap hari bekerja sebagai buruh.

    Windi (45 tahun) mengaku bahwa sudah beberapa tahun hingga tahun ini tidak ada qurban di kampungnya. ” _Sobung qurban sekaleh…pon tahonan. Alhamdulillah nikah olle deging qurban_ (Sama sekali tidak ada pelaksanaan qurban, sudah bertahun-tahun. Alhamdulillah sekarang mendapatkan daging qurban ini”ujarnya kepada salah satu amil dari LAZ RIZKI.

    Alhamdulillah amanah dari pequrban dan dermawan dapat tertunaikan. Semoga kebaikan ini tak putus sampai disini. Mari bersama saling menguatkan, bersinergi dalam kebaikan. (*)

     

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu