Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    YBM BRI Adakan Capacity Building Virtual

    YBM BRI Adakan Capacity Building Virtual

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Anggota Forum Zakat yakni YBM BRI menyelenggarakan Orientasi dan Pelatihan Pendamping Program Ekonomi  secara virtual, diikuti oleh seluruh Pendamping PKUR dan BUPD di seluruh Indonesia Sabtu, (29/08/2020).

    “Pelatihan ini sukses merecharge energi, menguatkan motivasi dan mengingatkan kembali tujuan saya menjadi pendamping. Melalui pelatihan ini juga kita didorong untuk menyatukan potensi dan mentransfer spirit dengan tujuan akhir memandirikan kelompok dampingan”, ungkap Chairuna Syahputri, pendamping program ekonomi YBM BRI Kanwil Jakarta 2.

    Dalam sambutannya pengurus YBM BRI, Bapak Dani Wildan mengatakan bahwa kegiatan orientasi dan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi pendamping, sehingga dapat mencapai tujuan bersama yaitu terciptanya mustahik sejahtera.

    Berbagai rangkaian materi disampaikan dalam acara yang berlangsung selama 2 hari ini diantaranya : pengenalan lembaga, materi pemberdayaan, dan kunci sukses keberhasilan program pemberdayaan. Pemateri utama kali ini ialah Sigit Iko Sugondo, seorang praktisi pemberdayaan.

    YBM BRI melihat salah satu penentu keberhasilan program ekonomi adalah peran pendamping. Sebagai fasilitator dan katalisator, pendamping memiliki peran penting untuk mendorong kemandirian penerima manfaat.

    “Pendamping program bisa memotivasi dan mendorong masyarakat untuk berubah ke kondisi yang lebih baik, yakni memiliki daya saing dan punya keahlian yang lebih baik. Langkah yang kita lakukan bisa jadi kecil, tapi dampak yang dihasilkan bisa besar asalkan dilakukan dengan istiqomah dan penuh kesabaran”, tutur Sigit Iko Sugondo.

    Sebetulnya pelatihan seperti ini lazim dilakukan secara kelas tatap muka, namun dikarenakan pelatihan dilakukan dimasa pandemi covid maka kali ini dilakukan berbasis daring, namun  alhamdulillah tidak menyurutkan semangat dan antusias pendamping. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu