Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    26 LAZ Anggota FOZ Kirim Bantuan Tsunami Banten

    26 LAZ Anggota FOZ Kirim Bantuan Tsunami Banten

    Bagikan Ini :

    Tsunami yang menghantam Pantai Anyer dan Lampung, pada tanggal 22 Desember 2018 pukul, 21.03 WIB. Tsunami tersebut terjadi akibat longsor bawah laut yang diperkirakan seluas 64 hektare dan akibat erupsi Gunung Anak Krakatau dan gelombang pasang akibat bulan purnama. Dua kombinasi tersebut menyebabkan tsunami yang terjadi tiba-tiba yang menerjang pantai. Lokasi Paling Terdampak berada di Pesisir Lampung Selatan, Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Penimbang dan Carita.

    Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) per tanggal 23 Desember, 281 jiwa meninggal dunia, 843 jiwa luka-luka 28 jiwa hilang/belum diketemukan, 556 rumah rusak, 9 hotel rusak berat, 60 warung rusak, dan 350 perahu/kapal rusak.

    Sejak awal terjadinya tsunami, Forum Zakat sudah membentuk POSKO Utama FOZ Banten dan Lampung untuk mengkoordinasikan bantuan untuk para menyintas tsunamu selat sunda. Hingga saat ini sudah 26 LAZ Anggota FOZ yang berkoordinasi di posko utama FOZ Banten dan Lampung.

    Berdasarkan temuan teman-teman LAZ di lapangan, bantuan mendesak yang diberikan LAZ anggota FOZ antara lain adalah, Makanan siap santap, Air mineral kemasan, Makanan bayi dan balita, Pampers bayi dan balita, Biskuit, dan Susu UHT. Sedangkan bantuan yang sudah disalurkan adalah Dapur umum, Makanan siap santap, Perlengkapan bayi dan balita, Ambulance,Tenaga medis, Obat-obatan, Pakaian ganti.

    Ketua Forum Zakat(FOZ), Bambang Suherman meminta semua anggota FOZ berkoordinasi dengan posko utama FOZ, dan mendata semua kebutuhan para penyintas. “FOZ juga sudah menerjunkan tim dari sekretariat untuk membantu dalam proses koordinasi lebih lanjut”. Tambahnya.

    Direktur Ekskutif FOZ, Agus Budiyanto mengawal langsung proses berjalanya kooridnasi penyaluran bantuan dari para lembaga zakat anggota FOZ. Semua itu menurutnya dilakukan agar bantuan dapat tersampaikan dengan efektif dan merata.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu