Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Alhamdulillah, Kampung Zakat Bojonegoro Diresmikan

    Alhamdulillah, Kampung Zakat Bojonegoro Diresmikan

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Pada Jum’at, (15/2/2021) Desa Nganti Kecamatan Ngraho dinobatkan sebagai Kampung Zakat Tingkat Kabupaten Bojonegoro. Tim yang dipimpin oleh A. Khudlori, M.Si ini dibentuk atas inisiatif bersama antara Kementerian Agama dan Forum Zakat (FOZ) Bojonegoro yang terdiri dari 12 Lembaga Amil Zakat yang ada di Bojonegoro, antara lain, Nurul Hayat, Yatim Mandiri, LAZ Keluarga Sakinah, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Lembaga Manajemen Infaq (LMI), LAZISNU, LAZISMU, Dompet Qur’an (DQ), Yayasan Karya Binangun Mandiri (YKBM), YBM PLN, Rumah Zakat (RZ), dan Dompet Sosial Permata.

    Penunjukan Desa Nganti sebagai Pilot Project ini berdasarkan hasil survey dan kajian oleh Tim Satuan Tugas (SATGAS) Kampung Zakat yang dilaksanakan pada bulan september 2020 lalu, yang meliputi penilaian terhadap 5 Dimensi dasar, yakni Dimensi Ekonomi, Kesehatan, Sosial Kemanusiaan dan dimensi dakwah.

     

     

    Kampung Zakat yang akan di resmikan di Desa Nganti Kecamatan Ngraho ini merupakan upaya Ijtihadi untuk membumikan konsep zakat dalam kehidupan masyarakat.

    “Tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah, membina masyarakat yang religius, berkeadilan dan kebersamaan. Kedua, membangun partisipasi masyarakat secara sinergis (Muzakki dan Mustahik) dalam memberdayakan ekonomi umat untuk kesejahteraan masyarakat, dan terakhir mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi kekuatan unggul, kreatif dan berprestasi,” demikian dalam rilis yang diterima Forum Zakat Nasional.

    Dalam pelaksanaannya program Kampung Zakat ini akan diawali dengan penanaman 700 bibit Pisang Cavendish di 7 Dusun yang ada di Desa Nganti, dan akan dilanjutkan dengan pendampingan dan integrasi program-program lainnya. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu