Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Alhamdulillah, LAZ DPU Kaltim Raih Indeks Kepatuhan Syariah Sangat Baik

    Alhamdulillah, LAZ DPU Kaltim Raih Indeks Kepatuhan Syariah Sangat Baik

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh dengan ujian terutama dengan situasi pandemi Covid-19 yang berdampak dari tidak hanya dari segi kesehatan juga dari segi sosial dan ekonomi. Perubahan gaya hidup masyarakat juga terasa sehingga membutuhkan penyesuain di berbagai hal.

    Anggota Forum Zakat yakni LAZ DPU Kaltim sebagai lembaga zakat tingkat provinsi yang mengelola dana zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat juga merasakan dampak dari perubahan itu. Sehingga membutuhkan langkah-langkah strategis untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat menyalurkan donasi kepada LAZ DPU. Salah satu titik yang paling utama adalah persoalan transparansi dan kepatuhan syariah.

    LAZ DPU sebagai pengelola dana masyarakat berkomitmen untuk selalu profesional dalam aktivitas dan sesuai dengan aturan yang berlaku serta memberikan dampak kepada masyarakat yang membutuhkan.

     

     

    Dalam pengukuran yang dilakukan oleh Pusat Kajian Strategis BAZNAS sepanjang 2020, LAZ DPU Kaltim berhasil meraih kategori AA (sangat baik) dari kategori Indek Kepatuhan Syariah. Nilai yang berhasil diraih yaitu 0,90 dan jauh diatas rata-rata nilai organisasi pengelola zakat yaitu 0,72.

    Selain pengukuran kepatuhan syariah, poin penilaian lainnya adalah Indeks Transparansi OPZ dengan raihan nilai 0,80 (transparan). Penilaian transparansi meliputi transparansi keuangan, transparansi manajemen dan transparansi program yang dilakukan pada tahun 2019-2020.

    Dalam pertemuan LAZ DPU Kaltim dengan Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Kaltim, Hj. Anik Prameswati, beliau mengatakan “Membangun kepercayaan masyarakat menjadi upaya penting dari lembaga zakat.

    Sampaikan kepada masyarakat bahwa LAZ DPU siap diaudit syariah dan audit keuangan untuk menjadi lembaga yang accountable”

    “Dengan semakin transparan, kami berharap LAZ DPU makin banyak memberi manfaat kepada masyarakat Kaltim berupa program produktif dan masyarakat juga teredukasi berzakat dan infaq melalui lembaga yang terpercaya” tambahnya.

    Raihan prestasi di tahun 2020 menambah motivasi dan semangat kerja LAZ DPU Kaltim untuk menjadi lembaga yang amanah, profesional dan terunggul dalam pemberdayaan zakat. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu