Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Amil BMH Lalui Empat Gunung Demi Salurkan Zakat
    Amil BMH Lalui Empat Gunung Demi Salurkan Zakat

    Amil BMH Lalui Empat Gunung Demi Salurkan Zakat

    Bagikan Ini :

    Dengan prinsip yang dipegang teguh para amil Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Nusa Tenggara Timur, yaitu memastikan zakat sampai kepada mereka yang berhak menerimanya, mereka harus melalui medan yang berat sekaligus mengerikan untuk bisa mengantarkan zakat kepada umat Muslim di Kelurahan Haunobenak, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

    Haunobenak merupakan desa yang terletak di atas gunung. Untuk sampai di lokasi, perjalanan harus melewati empat gunung dengan medan menanjak. Kondisi jalanan cukup rusak, sementara jurang mengangga di tepi jalan. Mereka harus menempuh perjalanan menggunakan truk selama lebih dari sembilan jam.

    Saat perjalanan tinggal satu kilometer, truk yang digunakan tim BMH harus berhenti. Ini karena medan yang akan ditempuh merupakan tanjakan cukup curam dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

    Tim amil BMH pun memutuskan menurunkan seluruh barang bawaan. Mereka lalu membawa seluruh zakat dengan berjalan kaki hingga sampai lokasi tujuan. Melihat hal itu, para warga kemudian turut serta membantu. Mereka bergotong royong mengangkat barang bawaan tim BMH.

    Sesampai di lokasi, tim BMH segera menyampaikan amanah untuk kemudian segera memohon pamit. Ini demi mempersingkat waktu mengingat medan yang ditempuh cukup sulit untuk bisa kembali ke Kupang.

    Prosesi penyerahan zakat tersebut kemudian dijalankan di Masjid Haunobenak. Sebanyak 30 paket Tebar Fitri diterima oleh warga sekitar yang kebanyakan ternyata adalah para mualaf.

    Warga Haunobenak begitu senang mendapat paket ini. Penyaluran zakat ini merupakan momen pertama kali yang mereka terima. “Ya ini baru dari Baitul Maal Hidayatullah, mungkin lokasi kami yang jauh dan sulit untuk dijangkau jadi jarang orang mau ke sini,” ujar salah satu warga di lokasi.

    Sementara perasaan bahagia dialami oleh Kepala Perwakilan BMH NTT Rasman Zainal Tkela. Lelah yang dia rasakan seketika hilang setelah amanah tersalurkan.

    “Capek, lelah, tapi puasa. Karena ini pertama kami dan luar biasa tantangannya, kami bisa rasakan beberapa kali mobil kami hampir tergelincir,” ucap Razman seperti dikutip Dream.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu