Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

Bantu Rohingya, Ormas dan LAZ di Indonesia Bentuk AKIM

Bantu Rohingya, Ormas dan LAZ di Indonesia Bentuk AKIM

Menyikapi tragedi kemanusiaan yang terjadi di Rohingya, 11 organisasi kemasyarakatan(Ormas), Lembaga zakat dan kemanusiaan di Indonesia membentuk Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Rakhine Rohingya.

Menurut ketua pelaksana AKIM, Muhamad Ali Yusup aliansi ini memliki empat program bantuan, yakni kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan bantuan dasar. Rencananya, aliansi ini akan berjalan selama dua tahun dan bisa bisa diperpanjang jika dibutuhkan.

AKIM nantinya akan bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan yang berada di Rakhine. Hal ini dilakukan, karena berdasarkan ketentuan yang dibuat pemerintah Myanmar, setiap badan yang ingin memberikan bantuan harus melalui organisasi lokal.

“Jadi di sana sudah ada ketentuan baku bahwa harus melalui otoritas setempat. Jadi, kita kerja sama dengan otoritas setempat, meminta izin, dan pelaksanaan kegiatannya bersama LSM lokal. Aktivitas kita sementara fokus di Rakhine,” kata Ali pada Kamis (31/8/2017).

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengapresiasi terbetnuknya AKIM dalam menyalurkan bantuan bagi penyelesaian konflik di Rakhine. Menurutnya tidak banyak negara yang dapat melakukan sinergi yang sangat kuat antara pemerintah dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di bidang kemanusiaan plus masyarakat sendiri untuk satu tujuan membantu kemanusiaan di Myanmar.

“Selain LSM kemanusiaan dari agama Islam, banyak bantuan kita peroleh dari umat agama lain,” ujar Menlu Retno dalam acara penyerahan bantuan kemanusiaan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2017).

Bantuan tersebut sekali lagi menegaskan komitmen Indonesia dalam membantu Myanmar membangun Rakhine. “Kami meminta semua pihak melakukan maximum self-restrain dan tidak melakukan kekerasan. Hendaknya Myanmar melindungi semua orang di Rakhine termasuk komunitas islam dan akses kemanusiaan diberikan agar tidak memburuk. Stabilitas dan perdamaian adalah syarat mutlak pembangunan di Rakhine,” sambung mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu.

Leave a Reply

Close Menu