Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Bersama Kitabisa, YDSF Distribusikan Sembako Untuk Pekerja Tedampak Pandemik

    Bersama Kitabisa, YDSF Distribusikan Sembako Untuk Pekerja Tedampak Pandemik

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Wabah virus Corona yang melanda negeri ini mengakibatkan pendapatan masyarakat kecil terutama pekerja harian turun drastis. Oleh karena itu, anggota Forum Zakat, Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) dan Kitabisa.com merespon kondisi itu dengan menyalurkan bantuan paket sembako kepada ojek online, pedagang sayur, abang becak dan lainnya, pada Rabu (01/4/2020).

    Koordinator Satgas Covid-19 YDSF, Arif Susanto, mengatakan pada tahap pertama ini, YDSF menyalurkan bantuan  200 paket. Bantuan itu disebar ke beberapa titik di Kota Surabaya dan Sidoarjo.

    “Paket sembako berisi beras 10 kg, mie instan, kecap, sarden, abon, minyak goreng, dan gula. Nilai per paketnya Rp375 ribu,” kata Arif Susanto, saat penyerahan bantuan di Jl. Dharmawangsa Surabaya.

    Arif menjelaskan target bantuan yang akan disalurkan untuk masyarakat terdampak wabah virus Corona 3900 paket. Bantuan itu akan didistribusikan melalui kantor perwakilan YDSF di seluruh Indonesia.

     

     

    Sementara, Direktur Pelaksana YDSF Agung Wicaksono mengatakan bantuan itu merupakan bentuk responsifitas YDSF dan  Kitabisa.com melihat dampak wabah Corona yang semakin besar. Terutama yang dirasakan para pekerja harian.

    “Kami ingin hadir di tengah-tengah masyarakat yang saat ini pekerjaan dan pendapatan mereka diuji dengan wabah virus Corona. Semoga bantuan ini meringankan beban keluarga mereka, apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan,” tukas Awiek, panggilan akrab Agung Wicaksono.

    Salah satu penerima manfaat, Sholehudin, ojek online yang biasa mangkal di daerah  Dharmawangsa itu kaget menerima bantuan itu. Menurutnya, pendapatannya sebagai ojol turun drastis. “Sebelum ada wabah Corona, sehari bisa Rp 150 ribu bersih. Setelah ada virus Corona hanya dapat Rp 50 ribu,” kata Sholehudin.

    Senada, cerita sedih juga dialami Siti Aminah. Wanita 70 tahun penjual rujak keliling itu mengaku pendapatannya turun lebih dari separo. Menurut Aminah, sebelum ada wabah Corona hasil jualannya antara Rp70 ribu sampai Rp80 ribu setiap hari. Kini dia hanya dapat Rp 40 ribu. “Pelanggan saya nggak berani keluar rumah pada takut Corona,” ujarnya.

     

     

    Sebelumnya, ratusan APD dan nutrisi sehat bantuan dari donatur YDSF juga disalurkan ke sejumlah rumah sakit di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Nganjuk. Untuk di Surabaya APD disalurkan ke Rumah Sakit Haji dan RS Islam Jemursari. Sementara di wilayah Sidoarjo, rumah sakit yang menerima adalah RSUD Kabupaten Sidoarjo, RS Anwar Medika, RS Siti Khodijah Muhammadiyah dan Puskesmas Waru. Wilayah Gresik bantuan APD disalurkan ke Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu