Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Forum Zakat Harapkan Ada Sinergi Dengan BAZNAS

    Bagikan Ini :

    Forum Zakat – Di kantornya Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (19/8), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin serah terima jabatan anggota Badan Amil Zakat Nasional(Baznas) periode lama kepada pengurus baru 2015-2020. Dalam sambutannya ia berharap Baznas bisa jadi instrumen untuk terus jadi upaya dalam mengentaskan kemiskinan.

    Sementara itu, Ketua Forum Zakat (FOZ) Nur Efendi berharap Baznas ke depannya nanti akan turut berkontribusi dalam melakukan sinergi dengan lembaga amil zakat (LAZ) lainnya. Nur berharap tidak ada tumpang tindih penyaluran zakat di titik yang sama oleh Baznas dan LAZ.

    “Terdapat fenomena yaitu terkadang Baznas dan LAZ menyalurkan zakat di desa yang sama. Seharusnya hal ini tidak terjadi mengingat banyaknya desa lain yang belum tersentuh program zakat,” kata dia.

    Anggota Baznas terdiri dari 11 orang dengan rincian tiga orang unsur pemerintah dan delapan dari unsur masyarakat. Dari unsur pemerintah yaitu Machasin dari Kementerian Agama, Astera Primanto Bhakti (Kementerian Keuangan) dan Nuryanto (Kementerian Dalam Negeri).

    Sementara dari unsur masyarakat di antaranya Bambang Sudibyo, Zainulbahar Noor, Mundzir Suparta, Masdar Farid Mas’udi, Ahmad Satori Ismail, Emmy Hamidiyah, Irsyadul Halim dan Nana Mintarti. Bertindak sebagai Ketua Baznas adalah Bambang Sudibyo yang dulu sempat menjadi Menteri Pendidikan RI dan Menteri Keuangan RI.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu