Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    FORUM ZAKAT Kecam Serangan Terhadap Muslim di India

    FORUM ZAKAT Kecam Serangan Terhadap Muslim di India

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Asosiasi Forum Zakat mengecam tindakan yang dilakukan terhadap minoritas muslim di India sejak Ahad (23/2/2020). Hingga kini, seperti dikutip dari Reuters, jumlah korban yang tewas akibat kerusuhan mencapai 42 orang dan ratusan lainnya luka-luka. Masjid, rumah dan pertokoan pun turut jadi sasaran amuk massa.

    “Kami berharap proses pemulihan, baik bagi korban maupun bagi masyarakat India secara keseluruhan, dapat dilakukan secepat mungkin. Kami menilai bahwa apa yang terjadi di India adalah sebuah proses kebijakan diskriminatif oleh pemerintah India. Untuk itu kami mengajak gerakan kemanusiaan di seluruh dunia untuk meningkatkan soliditas dan bersama-sama melakukan koreksi kebijakan pemerintah India yang kami pandang diskriminatif terhadap minoritas yang ada disana,” kata Ketua Bidang II Advokasi dan Pengawasan, Arif Rahmadi Haryono.

     

     

     

    Lebih lanjut, Arif berharap, kaum muslim yang ada di India bisa kembali hidup normal dan masyarakat India pada umumnya juga bisa kembali sinergi dan harmonis.

    Konflik antara kelompok Muslim dan Hindu bermula dari protes damai kelompok Muslim terhadap Citizen Amandement Act (CAA) atau Undang-Undang Perubahan Kewarganegaraan yang telah diloloskan oleh Perdana Menteri Narendra Modi dua bulan sebelumnya.

    UU ini menjadi kontroversi bagi warga India karena dianggap anti-Muslim. Salah satu isi UU CAA  tersebut adalah para imigran ilegal dari Afghanistan, Bangladesh dan Pakistan dimungkinkan untuk mendapatkan kewarganegaraan, terkecuali mereka yang beragama muslim.

    Di bawah UU ini, umat Muslim India diwajibkan untuk membuktikan bahwa mereka memang adalah warga negara India. Sehingga ada kemungkinan warga Muslim India justru akan kehilangan kewarganegaraan tanpa alasan.

    Hukum negara India ini dinilai sangat diskriminatif untuk umat Islam. Terlebih diberlakukan di negara sekuler yang 15% dari 1.3 miliar  penduduknya adalah muslim.

    Protes damai kelompok Muslim penentang CAA berubah menjadi kerusuhan ketika kelompok Hindu garis keras pendukung CAA, menyerang demonstran Muslim dan membakar Masjid Ashok Nagar di New Delhi. Kerusuhan tersebut mengakibatkan bangunan rusak, di antaranya 79 unit rumah, 52 toko, dua sekolah, tiga pabrik, dan empat masjid dibakar.

     

     

    Forum Zakat akan segera  berkomunikasi dengan pemerintah untuk bisa menyepakati cara membantu umat Islam yang ada di India.

    “FOZ akan segera berkomunikasi dengan pemerintah, dalam hal ini kementrian luar negeri, utk menawarkan sinergi dan kolaborasi, agar kita bisa bergerak bersama,” tandasnya (*/dbs)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu