Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Forum Zakat Sejawa Tengah Gelar Tarhib Ramadhan Peduli Muslim Rohingya

    Bagikan Ini :

    forumzakat.org – Forum Zakat (FOZ) Wilayah Jawa Tengah pada Ahad, 07 Juni 2015 menyelenggarakan tarhib Ramadhan dengan tema Peduli Muslim Rohingya.Acara tersebut diikuti oleh 15 lembaga-lembaga zakat dan kemanusiaan yang tergabung dalam FOZ Wilayah Jawa Tengah, di antaranya: PPPA, BBI, BMH, Dompet Dhuafa, Lazis Baiturrahman, Rumah Zakat, PKPU, Lazis Jateng, Yatim Mandiri, DPUDT, RQ Management, Aitam Indonesia, Nurul Hayat, Pena Zakat dan LazisMa.

    Masing-masing lembaga mengirimkan 10 orang perwakilannya sebagai wujud partisipasi untuk menyukseskan acara tersebut.

    Para peserta tarhib Ramadhan yang berkumpul di Masjid Baiturrahman melakukan long march di bundaran Simpanglima, Semarang.

    Forum Zakat (FOZ) Wilayah Jawa Tengah juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan membantu meringankan saudara-saudara Muslim Rohingya yang saat ini berada di Aceh akibat genosida yang dilakukan ekstremis Budha Myanmar. Adapun, bantuan yang diberikan berupa uang tunai atau barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan untuk saudara-saudara Muslim Rohingya di Aceh.

    Dalam sambutannya, Sri Suroto selaku ketua Forum Zakat Jawa Tengah menyampaikan, agar menyambut bulan Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya, “sebagai seorang muslim kita harus menyiapkan bekal sebaik-baiknya agar Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang lebih baik dan sukses dari tahun-tahun sebelumnya.”

    Menanggapi konflik Rohingya, Sri Suroto mengatakan pengungsi Rohingya di Aceh merupakan dampak dari upaya pembersihan etnis Rohingya yang minoritas oleh umat budha dan pemerintah yang berkuasa membiarkan.

    Dirinya berharap adanya upaya dari pemerintah untuk membantu Muslim Rohingya.

    “Untuk semua negara muslim harus bantu membantu. Saudara muslim yang lain yang terdholimi. Upaya diplomatik juga harus dilakukan, pemerintah Burma harus diberi sanksi yang tegas, baik oleh ASEAN atau PBB,” tegasnya.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu