Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    FOZ Sumut Serah Terima Bantuan Sembako Untuk Warga Terdampak Pandemi Kepada Kemenag Provinsi Sumut

    FOZ Sumut Serah Terima Bantuan Sembako Untuk Warga Terdampak Pandemi Kepada Kemenag Provinsi Sumut

    Bagikan Ini :

    Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara lakukan serah terima bantuan berupa 100 paket sembako untuk warga terdampak pandemi Covid-19 kepada Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Jumat (10/9).

    Serah terima bantuan ini dilakukan oleh Ketua FOZ Sumut M. Iqbal Farizi didampingi Sekretaris Umum Sulaiman.

    Sebelumnya, Iqbal beserta jajaran pengurus dan anggota Foz lainnya terlebih dahulu melakukan audiensi bersama Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Drs. H Syahrul Wirda, MM untuk membahas pergerakan zakat di Indonesia terutama di Sumatera Utara.

    Usai dilakukan audiensi, Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Drs. H Syahrul Wirda, MM turut melakukan serah terima secara simbolis bantuan sembako kepada penerima manfaat.

    Dalam kesempatan ini, Syahrul Wirda menyampaikan bahwa program berbagi sembako ini patut diapresiasi.

    “Sangat patut untuk diapresiasi ya, melihat di situasi sulit seperti ini namun teman-teman dari forum zakat masih terus berupaya keras membantu meringankan beban masyarakat,” ucapnya.

    Ia juga yakin bahwa kehadiran lembaga zakat ini mampu garda dalam memperhatikan ekonomi umat.

    “Adanya Forum Zakat ini juga mampu menjadi garda dalam memperhatikan ekonomi umat untuk itu kita harap lembaga zakat bisa terus bertumbuh dan hadir di berbagai daerah,” kata Syahrul.

    Lebih lanjut, ia berharap kedepan akan ada program sinergi lainnya terutama yang berfokus untuk ekonomi umat.

    “Harapan kita kedepan sinergi akan terus berlanjut agar banyak program lainnya yang bisa dibuat seperti kampung zakat, lalu pinjaman modal untuk pedagang, dan lain sebagainya,” harapnya.

    Terkait serah program sembako terdampak pandemi ini, Iqbal Ketua FOZ Sumut menyampaikan bahwa ini merupakan program perdana kepengurusan FOZ Sumut periode 2021-2024.

    “Ya ini merupakan program perdana pengurus Foz Sumut periode 2021-2024 yang dalam hal ini sinergi dengan Kemenag Sumut untuk memberikan sembako bagi masyarakat terdampak pandemi di sekitar Kanwil Kemenag Sumut,” ucapnya.

    Dari program sinergi ini, Iqbal juga mengatakan bahwa ini merupakan langkah awal yang dilakukan FOZ untuk kedepannya tetap melanjutkan berbagai sinergi lainnya.

    “Ini merupakan langkah awal yang kita lakukan untuk menjalin sinergi lebih lanjut kepada pihak pemerintahan, karena tugas mengentaskan kemiskinan adalah tugas bersama yang perlu banyak peran di dalamnya,” kata Iqbal.

    Lebih lanjut, Iqbal juga mengatakan bahwa bukan hanya berupa sinergi program melainkan ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan bersama.

    “Disamping sinergi berupa program, kita dari forum zakat juga ingin adanya bimbingan, pedampingan, serta pelatihan yang tujuannya tidak lain untuk sama-sama memajukan ekonomi umat,” harapnya.

    Di sisi lain, Sulaiman selaku Sekretaris Umum Foz Sumut ikut memberikan penjelasan terkait keberadaan forum zakat.

    “Forum Zakat (FOZ) ini merupakan rumah bagi gerakan zakat, untuk itu kami tidak akan bosan untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya zakat dalam membangun perekonomian umat,” kata Sulaiman.

    Tidak hanya sampai di situ, Sulaiman juga mengatakan bahwa FOZ ikut serta mengajak masyarakat luas agar menyalurkan zakatnya melalui lembaga.

    “Satu tugas penting lainnya bagi FOZ yaitu untuk bagaimana agar masyarakat bisa menyalurkan zakatnya melalui lembaga resmi sebab dengan berzakat melalui lembaga resmi mampu terhimpun potensi besar zakat umat yang nantinya bisa disalurkan dengan tepat sasaran,” katanya.

    Sembako dalam kegiatan ini dikumpulkan dari 16 lembaga zakat yang tergabung dalam FOZ Sumut yakni DDW, IZI, DT Peduli, Rumah Zakat, Nurul Hayat, Ulil Albab,BSMI, GZ, Yatim Mandiri, PPPA, SYI, Lazismu, Yakesma, PZU, BMH, dan Rumah Yatim.

    (FOZ_Sumut/News)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu