Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    FOZ Wilayah Jawa Timur Lakukan Sinergi Bantu Korban Banjir Sampang

    Bagikan Ini :

    Hingga sabtu(27/02) Banjir yang melanda kabupaten Sampang telah merendam  8 desa dan 4 kelurahan di kecamatan Sampang Kota, kabupaten Sampang. Bahkan di beberapa wilayah, ketinggian air mencapai 3 meter. Akibatnya, ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

    Untuk meringankan beban para pengungsi beberapa lembaga zakat yang tergabung dalam Forum Zakat(FOZ) wilayah Jawa Timur melakukan sinergi untuk membantu masyarakat yang terkena banjir. 7 lembaga zakat yang terdiri dari LMI, Dompet Dhuafa, YDSF, YSDF Malang, RZ, PPPA Daarul Quran, dan Nurul Hayat bersinergi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat, seperti Beras, air minum, susu untuk anak-anak, sampai dengan popok untuk bayi.

    Untuk memudahkan pendistribusian bantuan dan mendata kembali bantuan yang dibutuhkan masyarakat korban banjir, FOZ wilayah Jawa Timur juga berkoordinasi dengan tokoh masyarakat. Evakuasi untuk masyarakat yang masih terjebak banjir di rumahnya juga dilakukan oleh teman-teman FOZ wilayah Jawa timur.

    Banjir tersebut terjadi akibat hujan lebat selama dua hari ini membuat Sungai Kemuning tidak mampu menampung debit air di kawasan hulu di Sampang Utara dan limpasan banjir dari kota Sampang, sehingga akhirnya meluap. Kondisi ini diperparah dengan pasangnya air laut dan membuat kota Sampang yang terletak di dataran yang lebih rendah dari permukaan air laut, terendam hingga mencapai satu meter.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu