Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Gandeng FEBI UIN Alaudin Makassar, FOZ Sukses Helat Seminar Nasional

    Gandeng FEBI UIN Alaudin Makassar, FOZ Sukses Helat Seminar Nasional

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Forum Zakat Sulawesi Selatan bersama IZI dan FEBI UIN Alauddin Makassar menggelar seminar nasional sekaligus bedah buku ‘Amil Zakat Easy Going, Pemikiran dan Pengelolaan Zakat di Era 4.0’. Agenda yang digelar pada Kamis, (5/3/2020) berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar.

    Seminar ini menghadirkan tiga narasumber, dua narasumber yang berasal dari UIN Alauddin Makassar, yaitu, Prof. Muslimin Kara, M. Ag, Guru Besar FEBI UIN Alauddin Makassar, Dr. Muammar M. B, M. Ag, Dosen FEBI UIN Alauddin Makassar, dan Nana Sudiana, Sekretaris Jenderal Forum Zakat dan Direktur Pendayagunaan Inisiatif Zakat Indonesia.

     

     

    Dalam paparannya, Nana Sudiana menyampaikan bahwa industri zakat merupakan industri yang terus bertumbuh setiap tahun dengan pertumbuhan lebih 30%. Era 4.0 juga merupakan era digital ekonomi, di mana aktivitas ekonomi pun akan lebih banyak terjadi melalui teknologi digital, sehingga lembaga zakat harus bisa memaksimalkan kesempatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait zakat.

     

     

    Nana juga menyampaikan bahwa dengan zakat pula, masyarakat miskin dapat diberdayakan agar bisa menjadi produktif, sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan secara luas demi kemaslahatan umat. Salah satu yang sudah dan masih dilakukan oleh IZI adalah dengan memberikan modal usaha dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin dimana modal tersebut bersumber dari dana zakat. Selain itu, Nana juga menyampaikan bahwa di zaman modern, amil bukan lagi profesi para orang tua, tetapi juga anak muda dan merupakan profesi yang bisa mensejahterakan.

    Seminar ini disambut antusias oleh para mahasiswa. Hal ini ditandai dengan membludaknya peserta seminar lebih dari perkiraan panitia. Tidak kurang dari 300 mahasiswa menghadiri seminar ini. Dalam pelaksanaannya, seminar ini juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa penghafal Al-Qur’an dari FEBI. Sebanyak 5 mahasiswa menjadi penerima beasiswa dari IZI. (*)

     

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu