Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Gandeng FOZ Jatim, SAI Sukses Gelar PSAD

    Gandeng FOZ Jatim, SAI Sukses Gelar PSAD

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Pelatihan Sekolah Amil Dasar (PSAD) kembali digelar oleh Sekolah Amil Indonesia (SAI) dengan bekerjasama dengan FOZ Jawa Timur. Kegiatan yang diadakan di Sidoarjo, Rabu-Kamis (26-27/2/2020) ini diikuti 65 peserta yang berasal dari lembaga di Jawa Timur dan sekitarnya dan dibagi menjadi 2 kelas pelatihan.

    Kepala Sekolah Amil Indonesia, Fahrizal Amir, mengatakan bahwa SAI berusaha bisa selalu hadir dan terdepan untuk mendukung peningkatan kapasitas amil di Indonesia. “Salah satu kunci sukses termaksimalkan potensi penghimpunan dan penyaluran dana zakat adalah dari kapasitas amilnya,” tegasnya.

    Senada, Ketua FOZ Jatim, Kholaf Hibatullah, memaparkan bahwa menurut data potensi zakat di Jawa Timur ini mencapai 36 T, terbesar kedua setelah DKI Jakarta, sedangkan pada tahun 2019 menurut riset yang dilakukan oleh FOZ Jatim baru terkumpul kurang lebih 500M.

     

     

    “Artinya, potensi yang bisa dimaksimalkan masih sangat besar, butuh kapasitas serta kolaborasi yang cukup. Maka dari itu, melalui pelatihan yang diselenggarakan SAI inilah salah satu upaya untuk memaksimalkan potensi besar tersebut,” ucapnya.

    Sementara, Sekertaris Jendral Forum Zakat, Nana Sudiana dalam sambutannya mengatakan bahwa memang tantangan para amil zakat ini sangat banyak bahkan tiada habisnya, namun sebagai amil justeru karena semakin banyak tantanganlah kita harus lebih semangat.

    Turut hadir dalam pembukaan dan pembicara PSAD Jawa Timur Direktur Utama Yatim Mandiri – Zaini Faishol, Ekspertis Pemberdayaan Masyarakat – Sigit Iko Sugondo, Dosen UIN Sunan Ampel  – Prof. Dr. Faishal Haq, M.Ag, dan Vice President of Communication and Network Development Human Initiative – Romi Ardiansyah. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu