Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan Keluarga, NH : Dahulukan Kebutuhan, Bukan Keinginan

    Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan Keluarga, NH : Dahulukan Kebutuhan, Bukan Keinginan

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Pengelolaan keuangan keluarga tidak hanya bicara dalam peningkatan pendapatan saja namun juga pada pengelolaan pengeluaran dan juga tabungan. Ketiganya harus dikelola secara baik dan seimbang agar kondisi ekonomi keluarga tetap baik. Demikian arahan yang disampaikan oleh Staf Program NH Semarang, Ismail Saleh kepada para Bunda Yatim kemarin Ahad (01/03/2020) di Mushola Istiqomah Kemijen.

    Dalam sesi pengarahan dengan tema Manajemen Keuangan Keluarga, para bunda yatim diajarkan untuk mengelola pengeluaran agar tidak boros. Di antaranya yaitu dengan mendahulukan pemenuhan kebutuhan dan bukan keinginan, mengatur pola konsumsi makan minum agar tetap hemat namun tetap sehat, mengatur pengggunaan listrik dan air agar tidak boros.

    Selain itu, para bunda juga di ajarkan tips dan trik agar bisa tetap menyisihkan uang untuk di tabung tiap bulannya.

    Pada kesempatan tersebut Nurul Hayat yang merupakan anggota Forum Zakat juga mensosialisasikan program Bunda Mart sebagai langkah nyata dalam usaha peningkatan pendapatan para bunda yatim.

     

     

    Pada akhir sesi pengarahan, para bunda yatim mendapatkan masing-masing satu celengan untuk mulai menerapkan kebiasaan menabung setiap harinya dengan nominal semampunya. Setiap bulannya uang yang terkumpul di celengan akan di data dan tiap 3 bulan sekali uang tersebut bisa di ambil oleh para bunda yatim untuk pemenuhan kebutuhan mereka.

    “Insya Allah kegiatan pelatihan manajemen keuangan keluarga ini kami gelar secara bergiliran di 13 wilayah pembinaan yang ada di Kota Semarang dan di Kabupaten Demak. Akan ada proses monev juga dari pasca pelatihan ini. Harapannya para bunda yatim bisa lebih baik lagi kedepannya dalam Manajemen Keuangan Keluarga mereka masing-masing,” ujar Ismail. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu