Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Gelar Rapat Koordinasi, Bupati Lebak Apresiasi Penanganan Bencana Oleh Anggota Forum Zakat

    Gelar Rapat Koordinasi, Bupati Lebak Apresiasi Penanganan Bencana Oleh Anggota Forum Zakat

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Dalam rangka membantu para penyintas bencana Banjir di Lebak Banten, lebih dari dua puluh anggota Forum Zakat turut serta menghadiri Rapat Evaluasi Penanganan Bencana pada Rabu (14/1/2020) di Aula Multatuli Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak, Banten. Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Bupati Lebak Hj Iti Oktavia Jayabaya S.E, M.M dan didampingi oleh Sekda Bp Jeje Jaelani M.M, Dandim 0603, Wakapolsek Lebak, serta PUPR Kabupaten Lebak.

    Bupati memaparkan dampak dari bencana banjir dan tanah longsor yang mengenai enam kecamatan yakni terdiri dari 30 desa dengan rincian 1226 terendam, 1310 rumah rusak berat, 520 rumah rusak ringan, dan 30 jembatan putus. Musibah ini juga mengakibatkan belasan orang meninggal, lebih dari 20 fasilitas umum (sekolah, masjid dsb rusak) dan ribuan warga mengungsi ke 11 titik pengungsian yang dikoordinasi oleh pemerintah daerah dan lembaga sosial.

    Dalam rapat ini juga Iti Oktavia menyebutkan perpanjangan masa tanggap darurat yang sebelumnya berakhir pada Selasa, (14/1/2020) menjadi Jumat (31/1/2020). Lebih lanjut, ia juga menyampaikan rasa terimakasih dan syukur atas kesediaan kepada lembaga yang tergabung dalam Forum Zakat yang membantu menangani musibah banjir yang terjadi pada Rabu pagi (1/1/2020).

     

     

    Secara bergantian, Presiden Sedekah Harian, Anggota LAZ Harfa Anwar, MDMC LazisMu, Rumah Zakat dan lain-lain yang telah membuka posko sejak hari pertama bencana turut memberikan informasi, kendala ataupun rekomendasi di lapangan untuk dikoordinasikan lebih lanjut dalam forum.

    Untuk diketahui, sebelumnya Forum Zakat juga menggelar rapat koordinasi bagi Anggota LAZ sehingga kedepannya penanganan distribusi ke daerah yang sulit diakses, relokasi hunian, fasilitas umum, maupun trauma healing akan dilakukan secara kolaboratif sehingga memberikan dampak yang maksimal.

     

    Forum Zakat memberikan rincian data penanganan banjir bandang oleh Anggota FOZ
    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu