Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Gubernur Khofifah Berangkatkan Konvoi Bantuan FOZ Jatim untuk Penyintas Bencana

    Gubernur Khofifah Berangkatkan Konvoi Bantuan FOZ Jatim untuk Penyintas Bencana

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansyah memberangkatkan bantuan warga Jawa Timur untuk penyintas bencana di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat dari Gedung Negara Grahadi, pada Kamis (4/2/2021). Bantuan ini merupakan buah kolaborasi dari organisasi pengelola zakat anggota Forum Zakat Jawa Timur dengan nilai total 300 juta rupiah berupa logistik, makanan, pakaian, keperluan bayi dan alat medis/obat-obatan.

    Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa mengatakan, kerja sama seperti ini harus selalu didukung dan dikembangkan, untuk meningkatkan hubungan persaudaraan antar manusia. Harapannya, bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang tengah dilanda bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

     

     

    “Semoga ini menjadi penguat dalam membantu antara sesama, strategi yang dilakukan FOZ Jatim ini harus didukung sebagai bagian dari kolaborasi. Siapa yang menyayangi manusia akan disayangi oleh Allah SWT,” ujarnya di hadapan Amil dari 26 Lembaga Amil Zakat se-Jatim.

    Khofifah menambahkan, ke depan FOZ dan Pemprov Jatim juga perlu bersinergi untuk pemetaan kebutuhan mustahik terdampak Covid-19. “Ke depan kita perlu melakukan pemetaan kepada mustad’afin, agar Muzakki yang ingin membantu melalui Lembaga Zakat, dalam hal ini yang akan disalurkan oleh Amil, bisa benar-benar sampai kepada mustahik. Terutama dalam situasi pandemi, agar pemulihan ekonomi masing-masing mustahik lebih cepat bergulir,” tambahnya.

    Ketua Forum Zakat Jawa Timur Kholaf Hibatullah mengatakan bantuan yang dikirimkan hari ini dihimpun dari penyaluran zakat oleh 26 Lembaga Amil Zakat anggota Forum Zakat  Jatim.

    “Bantuan yang juga kita kirimkan berupa sembako, peralatan kesehatan, shelter kit, makanan ringan, dan kebutuhan bayi. Bantuan ini terkumpul dari 26 lembaga zakat yang ada di Jatim. Semoga bisa membantu saudara saudara kita di sana,” kata Kholaf.

     

     

    Harapan yang sama juga disampaikan oleh Ketua IPCN Abdul Aziz. Ia mengatakan, support transportasi yang diberikan diharapkan bisa menjadi bantuan yang berarti dan mempercepat penyampaikan bantuan ke para korban. Menurutnya IPCN memang diinisiasi untuk memberi support pemerintah dalam meminimalisir biaya akonomodasi. Termasuk dalam penyaluran bantuan ke korban bencana.

    Seluruh bantuan tersebut akan diangkut ke Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat dengan menggunakan kapal yang difasilitasi gratis oleh Ikatan Pengusaha Cargo Nasional (IPCN). Setelah pelepasan oleh Gubernur Jatim bantuan sebanyak 5 truk, 12 pick up dan beberapa ambulans diberangkatkan ke Depo Meratus Tanjung Perak untuk loading kontainer.

    Selanjutnya, IPCN akan memfasilitasi armada laut hingga ke pelabuhan di Sulbar dan Kalsel. Jika tidak ada kendala, bantuan tersebut dijadwalkan tiba di pada Sabtu (6/2/2021) depan. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu