Forumzakat – Anggota FOZ, Lembaga zakat Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation menggelaracara Public Expose 2020 yang mengusung tema “Sustainable Transformation for Philanthropy in Era 4.0” MAI Foundation melakukan strategi ‘Kemudahan Berzakat’ pada Rabu (26/2/2020) di Batik Kuring Kawasan SCBD, Jakarta.
Ketua MAI Foundation, Tedi Nurhikmat mengatakan agenda tersebut merupakan upaya MAI Foundation untuk melakukan transparansi kepada masyarakat, khususnya para donatur terkait program-program yang dijalankan selama tahun lalu.
“Melalui kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan keinginan kami agar menjadi lembaga yang menjaga transparansi kepada masyarakat, karena ini adalah amanah umat, bukan hanya dipertanggung jawabkan di dunia tapi juga di akhirat,” kata Tedi.
Selain itu, Tedi menambahkan bahwa melalui public expose terkait kemudahan dalam berzakat di era digitalisasi, MAI Foundation juga telah menyiapkan strategi-strategi untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0.
“MAI Foundation selama ini telah mengimplementasikan strategi yang menitik beratkan pada pengembangan layanan yang berbasis pada teknologi sensor, interkoneksi, dan analisa data yang mampu mengintegrasikan seluruh tekhnologi tersebut kedalam industri zakat,” ujarnya.
Strategi kemudahan berzakat, lanjut Tedi, menitikberatkan kepada pemangku kepentingan (muzakki) agar mendapatkan layanan kemudahan dalam menunaikan zakat atau berdonasi dalam program-program MAI Foundation, selain itu juga sebagai upaya dalam meningkatkan kepercayaan Muzakki yang telah menyalurkan dana ZISWAF-nya bisa langsung memonitor segala kegiatan Penyaluran MAI Foundation melalui media sosial dan Website MAI Foundation agar tetap sustain.
“Aspek Teknologi Digital kami mulai mentransformasikan Berzakat di Era Digitalisasi secara perlahan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan Layanan Zakat berbasis digital, dengan menghadirkan aplikasi Mandiri Online, Scanning Barcode, LinkAja, dan Landingpage/Crowdfunding dengan berbasis Website,” paparnya.
Untuk diketahui, tahun 2020 merupakan tahun keenam berdirinya MAI Foundation. Dimana, di tahun ke enam ini strategi Layanan Zakat berbasis digital telah di implementasikan secara perlahan dalam penghimpuna MAI Foundation. Berdasarkan indikator CAGR (Compound Annual Growth Rate) peningkatan penghimpunan pertahun MAI Foundation kurang lebih sebesar 23,58%.
Pada tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar 4% dari tahun sebelumnya. Untuk donasi reguler (donasi ZISWAF yang disalurkan melalui pemotongan rekening langsung/Standing Instructions) tercatat selama tahun 2018 sampai dengan 2019 mengalami peningkatan sebesar 12%.
Selain peningkatan penghimpunan, pada tahun 2019 pendistribusian dan pendayagunaan MAI Foundation juga mengalami peningkatan sebesar 5%. Adapun untuk jumlah penerima manfaat dari program yang dimiliki oleh MAI Foundation mencapai 178.429 jiwa dengan jumlah sebaran sebanyak 31% di wilayah Jabodetabek, sedangkan lainnya berada di luar Jabodetabek dan luar negeri (Hong Kong, Myanmar, Malaysia).
Bukti sikap konsisten MAI Foundation dalam upaya pengembangan layananan kemudahan berzakat, pada tahun 2020 MAI Foundation telah berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015. Sertifikasi tersebut merupakan standar internasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan, memberikan pelayanan secara konsisten, disiplin, berkualitas tinggi, serta tata kelola lembaga yang lebih baik lagi, seperti halnya Visi MAI Foundation sebagai lembaga Zakat yang modern, terpercaya, rahmatan lil ‘alamin.
“Kami meyakini, pengembangan teknologi untuk kemudahan berzakat menjadi peluang bagi MAI Foundation untuk mendorong program-program fundraising dan Landing agar mampu menjangkau semua elemen. Oleh karena itu, jika semua program dapat terlaksana dan didukung oleh banyak pihak termasuk lembaga zakat seperti MAI Foundation, maka tujuan memakmurkan dunia khususnya Indonesia akan tercapai,” ungkap Pembina MAI Foundation, Agus Dwi Handaya.
Selain aspek pengembangan teknologi kemudahan berzakat, pada public expose 2020 MAI Foundation juga resmi meluncurkan Sustainability Report (SR) Tahun 2019. Serta, serah terima Sustainability Report (SR) Tahun 2019 MAI Foundation kepada pemangku kepentingan diterima oleh Bapak Imam Nur Aziz dari Badan Wakaf Indonesia mewakili pemerintah, Bapak Rahmat Syukri (Direktur Keuangan InHealt) mewakili donatur, dan Bapak Edih mewakili penerima manfaat. (*)