Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Hari Guru Nasional : Ini Tiga Program Pembinaan Guru Anggota Forum Zakat

    Hari Guru Nasional : Ini Tiga Program Pembinaan Guru Anggota Forum Zakat

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Guru adalah profesi yang paling strategis serta erat kaitannya dalam hal perbaikan pendidikan. Tak jarang, guru juga disebut sebagai ujung tombak bagi pembangunan bangsa dan negara. Bahkan, guru juga kerap kali disebut sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Hal tersebut dikarenakan besarnya harapan setiap orang akan tumbuhnya cara berpikir, perbaikan kapasitas, serta berbagai pembaharuan melalui tangan dingin guru di sekolah-sekolah.

    Tantangan menjadi semakin besar kala Indonesia memasuki era industri 4.0, dimana secara naluri segala aspek industri akan segera menerapkan konsep automatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Persaingan akan dunia kerja menjadi semakin berat. Permintaan akan sumber daya manusia menjadi semakin sedikit, dibutuhkan skill yang banyak disertai akhlak yang baik, kepribadian yang mempesona juga attitude yang bagus.

    Belum lagi, perlakuan pendidikan yang tentunya akan berbeda dikarenakan latar belakang murid yang berbeda. Hal ini menambah beratnya beban guru akan PR-nya akan amanah undang-undang yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, meskipun dalam hal ini guru sebagai pemain utama harus di-back up penuh oleh pemerintah Indonesia.

    Penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah merupakan kunci penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Lembaga Amil Zakat, sebagai lembaga yang turut merasa bertanggung jawab atas persoalan pendidikan demi menyalurkan titipan para muzakki ikut serta memberikan pembinaan terhadap guru di seluruh Indonesia.

    Tercatat, ada tiga program pembinaan guru dari lembaga amil zakat yang tergabung dalam Forum Zakat yakni Dompet Dhuafa, Rumah Zakat serta YBM PLN

    1. Dompet Dhuafa : Sekolah Guru Indonesia, program SGI Master Teacher

    Sekolah Guru Indonesia adalah salah satu jejaring divisi pendidikan Dompet Dhuafa yang berkomitmen dalam melahirkan guru model berkarakter pemimpin yang memiliki kompetensi mendidik dan mengajar. Program ini dibuat sebagai salah satu program pemberdayaan dan peningkatan pendidikan yang dilakukan Dompet Dhuafa di dalam Program Divisi Pendidikan.

    Terbaru SGI meluncurkan Program School of Master Teacher (SMT) atau SGI Master Teacher (SMT) di sejumlah provinsi di Indonesia. SMT adalah program pelatihan dan pembinaan guru yang diselenggarakan oleh SGI Dompet Dhuafa. Tujuan program SMT adalah guru peserta memiliki kompetensi pemimpin atau disebut guru pemimpin. Dimana nantinya para guru pemimpin tersebut dapat menularkan kualitasnya kepada para guru lain di luar sana.

    1. Rumah Zakat : Senyum Juara, program Indonesia Juara Foundation

    Dengan program Senyum Juara, Rumah Zakat berkomitmen untuk melakukan perbaikan kualitas pendidikan yang mencakup kategori penerima manfaat: siswa, infrastruktur, dan tenaga didik yang berkualitas sesuai dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) yang memastikan bahwa seluruh anak Indonesia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah yang gratis, merata dan berkualitas yang mengarah pada dampak pembelajaran yang relevan dan efektif.

    Indonesia Juara Foundation (IJF) merupakan salah satu mitra RZ dalam melaksanakn misi pendidikan bagi anak bangsa.

    1. YBM PLN : Peduli Mitra Pendidikan

    Forum lembaga mitra YBM PLN di bidang pendidikan siswa dhuafa untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan melalui pembinaan dan pelatihan, bantuan dana.

    Melalui YBM PLN, PT PLN Persero mengadakan pelatihan kompetensi dan karakter bagi ratusan guru honorer dari berbagai pelosok di Indonesia.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu