Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Inilah Kondisi Terkini Daerah Terdampak Banjir Bandang Desa Ciladaen Lebak Banten

    Inilah Kondisi Terkini Daerah Terdampak Banjir Bandang Desa Ciladaen Lebak Banten

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Banjir bandang dahsyat yang mengenai enam kecamatan di kabupaten Lebak, Banten sejak 1 Januari lalu menyisakan banyak sekali PR bersama untuk segera dituntaskan. Enam kecamatan tersebut yakni kecamatan Cimarga, Kecamatan Sajira, kecamatan Curug Bitung, Kecamatan Maja, Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Lebak Gedong.

    Salah satu kampung yang mengalami dampak berat adalah Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong. Lurah Kampung Muhara, Yayat Dimyati mengatakan, selain banjir, kampung ini juga didera longsor yang menjadi penyebab terisolirnya masyarakat Kampung Muhara selama dua hari pasca kejadian.

    “Pada saat kejadian, warga langsung mengungsi dan menjadi satu. Alhamdulillah masjid kami (yang sekarang menjadi posko, red) aman. Jumlah warga yang terdampak sekitar 1700 jiwa, atau 520 KK yang terdiri dari 8 RT di kampung ini,” jelasnya.

    Lebih lanjut, kata dia, banjir bandang yang terjadi meruntuhkan dua jembatan besar penghubung dan menyebabkan 63 rumah hanyut dan rusak berat. Rusaknya gedung fasilitas umum seperti sekolah, pesantren, dan kantor kelurahan. Meskipun tak ada korban jiwa masyarakat kampung ini membutuhkan banyak saluran dana bantuan. Mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman, perabotan rumah tangga, alat ibadah, alat kebersihan dan lainnya.

    “Sampai saat ini kebutuhan yang mendesak pastinya bahan mentah makanan karena setiap hari masak di dapur umum. Juga alat sekolah dan penerangan (genset) karena listrik masih mati. Jadi disini kalau mulai sore udah gelap gulita,”  kata Tim Relawan LAZ Harfa, Anggi.

    Untuk diketahui, posko Forum Zakat LAZ Harfa yang bergabung dengan posko Provinsi, dan Tim Medis KUN telah berdiri di Kampung Muhara sejak Selasa, (7/1/2019) menyalurkan berbagai bantuan seperi makanan cepat saji, alat mck, layanan kesehatan, pakaian, dan lain sebagainya.

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu