Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Investasi Tanpa Rugi

    Investasi Tanpa Rugi

    Bagikan Ini :

    Semua orang pasti ingin terjamin hidupnya, baik keamanan, kesejahteraan maupun kesehatannya. Namun ketika salah satu atau ketiga unsur tadi ingin dipenuhi, tak semua orang sanggup mendapatkannya. Walau itu sekedar untuk dirinya sendiri. Apalagi ketika ia juga ingin anggota keluarganya bisa ikut terjamin.

    Dibalik susahnya mendapat kepastian jaminan kehidupan yang lebih baik, ternyata dalam Islam ada mekanisme yang bisa menjamin kehidupan seseorang, bukan hanya sisi keamanan, kesejahteraan dan kesehatannya namun lebih dari sekedar itu, hingga jaminan setelah kehidupan di dunia ini berakhir.

    Mekanisme yang dimaksud adalah infak, zakat, sedekah dan wakaf. Keempat hal ini bukan semata sarana sebagai bentuk rasa peduli dan empati kepada sesama manusia, tapi ia juga merupakan bentuk jaminan Allah SWT kepada setiap manusia yang menafkahkan hartanya dijalan-Nya. Dengan menafkahkan harta di jalan Allah, maka Allah akan memberikan jaminan bahwa apa yang telah dikeluarkan akan diganti dengan berlipat ganda. Allah juga menjanjikan dengan pasti bahwa orang yang mengeluarkan hartanya di jalan Allah akan terus bertambah dan bertambah, dan tak akan jatuh miskin. Tinggal seberapa manusia yang menafkahkan harta ini yakin dan ikhlas amalnya.

    Dalam Al Qur’an Allah SWT berfirman : “Perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah SWT adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai yang dimana pada setiap tangkainya terdapat seratus biji.” (QS Al-Baqarah (2) : 261).

    Dari ayat di atas kita harus meyakini dengan kuat bahwa infak, sedekah, zakat ataupun wakaf sesungguhnya bukan sekedar akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah, namun juga ia merupakan sarana untuk mendapatkan jaminan dari Allah langsung bahwa apa yang kita telah berikan di jalan-Nya tak akan berkurang sedikitpun, bahkan sebaliknya ia akan bertambah, bertambah dan terus bertambah.

    Percayalah, harta yang kita berikan untuk kebaikan di jalan-Nya justru itulah yang akan menjadi sumber kebaikan dan jaminan kita di masa depan, bahkan di akhirat kelak. Ia yang akan menjauhkan kita dari bencana dan musibah serta dari kesulitan demi kesulitan hidup yang mungkin menghimpit dan membuat susah kehidupan kita. Amal soleh dalam bentuk infak, sedekah, zakat dan wakaf inilah sejatinya harta kita yang bila ikhlas kita berikan untuk jalan kebaikan dan kebenaran, sejatinya akan menjadi penolong kita dari beragam bahaya yang mungkin akan menimpa kita, termasuk yang akan mungkin menyelamatkan kita dari panasnya siksa api neraka di hari pembalasan nanti yang abadi.

    Harta yang kita nafkahkan di jalan-Nya akan menjamin pula kita terbebas dari kecemasan akan masa depan, sempitnya hati akan nasib di masa yang akan datang serta gelisahnya jiwa karena begitu banyak masalah yang muncul dan terus muncul seakan tak ada habisnya. Percayalah, Allah menjamin setiap kebaikan yang ikhlas ditebarkan di bumi ini akan dibalas-Nya dengan jumlah yang lebih banyak dan juga berkali lipat. Bila tidak kita dapatkan di dunia ini, Insyaallah dengan ijin-Nya akan kita dapati di hari akhir yang pasti datangnya dan abadi balasannya.

    Wallahua’lam bishowwab.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu