Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

Jadi Pembicara di The Resilience Stage Talkshow, Rumah Resiliensi Indonesia, Citra Widuri Paparkan Kolaborasi Anggota FOZ Tangani Bencana

Jadi Pembicara di The Resilience Stage Talkshow, Rumah Resiliensi Indonesia, Citra Widuri Paparkan Kolaborasi Anggota FOZ Tangani Bencana

Forumzakat – Ketua Bidang IV Inovasi Forum Zakat, Citra Widuri menjadi pembicara dalam Talkshow at The Resilience Stage, Rumah Resiliensi Indonesia yang merupakan salah satu rangkaian agenda The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Jumat (27/6/2022). Dalam forum tersebut, Citra memaparkan kerja kolaboratif yang dilakukan anggota Forum Zakat dalam sektor kebencanaan.

“Forum Zakat mengelola lebih dari 200 lembaga anggota yang memfokuskan pada aksi kemanusiaan. Lembaga anggota FOZ ini memanfaatkan dana yang berasal dari Zakat, Infaq, dan Filantropi Islam lainnya yang secara pengelolaannya memperhatikan aspek syariat dan bisa ditelusuri aspek sustainabilitynya,” tuturnya.

Lebih lanjut, jelasnya, penanganan bencana oleh lembaga anggota Forum Zakat ini memiliki tahapan dimulai dari mitigasi, rescue gawat darurat, hingga recovery rehabillitasi. “Anggota Forum Zakat menyalurkan Rp567 miliar, yang dipergunakan untuk membantu penanganan pandemi COVID-19. Selanjutnya, dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional pasca Pandemi, anggota FOZ mendistribusikan Rp388,3 miliar yang terbagi ke tiga sektor yaitu dukungan UMKM, Kesehatan, dan Perlindungan Sosial,” paparnya.

 

 

Terakhir, pada Ramadan 2022, lembaga anggota Forum Zakat menghimpun 1,7 Triliun dana Zakat, Infaq, dan Filantropi Islam lain yang disalurkan dalam berbagai program, salah satunya kebencanaan.

“Tantangan kami yang terus dihadapi adalah edukasi dan literasi ke anggota. Beberapa anggota masih ada yang kemampuannya pada distribusi yang kontemporer, bukan pada aspek sustainable. Jadi, di antara anggota yang berkualifikasi terus mendampingi sesama anggota Forum Zakat agar dapat menyalurkan dana tersebut secara tepat sasaran dan sustain,” tandasnya.

Talkshow ini juga menghadirkan pembicara lainnya yaitu Avianto Amri dari MPBI, Putu Hendra dari Pujiono Centre/SEJAJAR, Hibak Kalfan dari NEAR, Siti Khoirun Ni’mah dari Oxfam di Indonesia/ SEJAJAR, Rahmawati Husein dari MDMC dan Keya Saha-Chaudhury dari ICVA yang dimoderatori oleh Dr Puji Pujiono, MSW dari Pujiono Center dan Konvenor AP-KI. (*)

Leave a Reply

Close Menu