Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Kesadaran Berzakat Di Bali Semakin Meningkat
    Kesadaran Berzakat Di Bali Semakin Meningkat

    Kesadaran Berzakat Di Bali Semakin Meningkat

    Bagikan Ini :

    Kesadaran ummat Islam di Bali dalam membayar zakat melalui lembaga amil zakat menurut Direkur Dompet Sosial Madani (DSM) Denpasar, Andy Krisna semakin meningkat. “Memang masih banyak yang berzakat langsung ke muzakki, tapi dari dana zakat yang kami himpun melalui lembaga zakat, setiap tahunnya terus meningkat,” ungkap Andy di Denpasar, Bali, Rabu (31/8).

    Hal itu dikatakannya saat di sela-sela acara Sosialisasi, Regulasi Pengelolaan Zakat dan Verifikasi LAZ DSM. Hadir dalam kesempatan itu Kasubdit Pemberdayaan Zakat Kementerian Agama RI, Dr H Juraidi Malkan MA.

    kendati perolehan pengumpulan dana zakat masih jauh di bawah potensi yang ada, namun dia optimistis perolehan zakat DSM akan terus meningkat. Selain donatur yang sudah ada terus meningkatkan jumlah zakat yang dibayarkan, DSM juga mendapatkan donatur-donatur baru.

    Hingga tahun 2015 DSM berhasil menghimpun dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) sebesar Rp 4 miliar dan diperkirakan meningkat 20 persen atau menjadi sekitar Rp 4,8 miliar pada 2016. Hingga Agustus kata Andy, dana ZIS yang sudah terhimpun mencapai Rp 2,5 miliar.

    “Kalau dibandingkan dengan potensi zakat di Bali sebesar Rp 126 miliar, apa yang kami capai masih terbilang kecil. Tapi melihat jumlah donatur terus bertambah, itu menunjukkan kesadaran masyarakat berzakat melalui lembaga juga meningkat,” kata Andy menambahkan.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu