Kunjungi Kemenag Wilayah Kalsel, Pengurus Fozwil Kalsel Pastikan Anggota Patuhi Regulasi dan Kuatkan Literasi Zakat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Forumzakat – Pengurus Forum Zakat Wilayah Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke kantor Kementrian Agama Wilayah Provinsi Kalsel pada Selasa (25/7/2022). Ketua Forum Zakat Wilayah Kalsel, Bapak M.Luthfi Alfin mengatakan kehadiran perwakilan LAZ merupakan sarana silaturahmi sekaligus konsolidasi mengingat pada beberapa waktu terakhir, aktivitas LAZ sedang menjadi sorotan masyarakat.

“Para Amil Zakat yang terhimpun di berbagai Lembaga Amil Zakat resmi yang ada di Kalsel harus memahami dan mematuhi berbagai regulasi Zakat yang ada termasuk lebih menguatkan literasi zakat kembali kepada masyarakat dengan berbagi media yang ada, memberikan pemahaman yag benar kepada masyarakat  tentang keberadaan Lembaga Zakat yang benar seperti apa, sehingga trust masyarakat akan semakin besar terhadap keberadaan Lembaga lembaga Zakat,” ucapnya.

Sementara, Bapak Supandi, SE, MA Analis Kebijakan Ahli Muda seksi Pemberdayaan Zakat, mengatakan dalam sambutannya, tentang pentingnya izin operasional lembaga. “Kemenag siap memfasilitasi kalau ada pihak LAZ yang ingin mengajukan izin operasional setelah tentu saja LAZ tersebut juga telah mendapat Surat Rekomendasi dari BAZNAZ Kalsel,” ucapnya.

Lebih lanjut, beliau juga menekankan pentingnya tentang  Audit Kepatuhan Syariah oleh pihak kemenag  dari setiap LAZ yang ada. Selain itu beliau berharap konsep Kolaborasi antara LAZ, BAZ Kabupaten Kota dan Provinsi serta pihak kemenag akan semakin bagus kedepannya.

 

 

 

Sebagai informasi, kunjungan ini dihadiri oleh 7 perwakilan LAZ yaitu LAZ Rumah Zakat, LAZ DT Peduli, LAZ LMI, Lazis Muhammadiyah, LAZ Sahabat Yatim, LAZ Griya Yatim Dhuafa serta YBM BRILiaN. Agenda ini juga diakhiri dengan Penyerahan Laporan Semestar 1 periode Januari-Juni 2022 oleh 2 Lembaga yaitu LAZ Rumah Zakat dan LAZ DT Peduli. (*)