Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    LAZ Al Azhar Galakan Pembangunan MCK dan Dapur untuk Pondok Pesantren

    LAZ Al Azhar Galakan Pembangunan MCK dan Dapur untuk Pondok Pesantren

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Anggota Forum Zakat, yakni LAZ Al Azhar menggalakkan pembangunan fasilitas untuk mandi, cuci, dan kakus (MCK) serta dapur bagi Pondok Pesantren Al Qur’an Ummul Qur’an dan Pondok Pesantren Jawahirul Falah yang berokasi di Kampung Pungutan, Desa Rumpin, Kabupaten Bogor, Senin (22/06/2020).

    Pondok Pesantren Jawahirul Falah telah berdiri sejak 22 tahun lalu, hanya berjarak 1 kilo meter dari Pondok Pesantren Al Qur’an Ummul Qur’an. Kedua pondok pesantren yang berdiri di daerah pelosok tersebut dikelola secara sukarela hasil dari swadaya masyarakat juga pengurus pondok pesantren.

    Pengasuh Pondok Pesantren Al Qur’an Ummul Qur’an, Bahaudin mengungkapkan bahwa seluruh santrinya tidak dipungut biaya pendidikan sepeserpun hingga mereka lulus.

    “Alhamdulillah, untuk biaya kehidupan para santri disini kami gratiskan. Sekitar 66 orang santri baik mukim dan non mukim mendapatkan pembebasan biaya,” katanya.

    Pondok pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian khusus terutama untuk sarana dan prasarana yang tersedia. Dengan adanya fasilitas yang mendukung diharapkan para santri dapat menjalankan kegiatan belajar keagamaan dengan nyaman dan tenang.

    Namun berbeda dengan yang dirasakan para santri di Pondok Pesantren Al Qur’an Ummul Qur’an dan Jawahirul Falah, para santri yang duduk di tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas ini harus rela berjalan menuju sungai untuk mandi dan mencuci pakaian karena tidak adanya fasilitas MCK yang layak. Selain itu mereka juga harus memasak secara manual dengan menggunakan kayu bakar dengan kondisi dapur yang sangat memprihatinkan.

    “Kendala sarana dan prasarana yang belum memadai sampai saat ini terkait pengadaan MCK serta renovasi dapur. Harapannya semoga banyak pihak yang turut mendukung dan membantu pondok pesantren kami demi kelancaran pendidikan bagi para santri,” ujar Baharudin.

    LAZ Al Azhar melalui program infralink menjalankan program konservasi lingkungan didukung dengan pembangunan yang memadai dalam pembangunan infrastruktur salah satunya sarana pendidikan bagi pondok pesantren yang ada di seluruh pelosok tanah air. LAZ Al Azhar turut serta mengajak Anda untuk bergabung bersama mewujudkan asa para santri Pondok Pesantren Al Qur’an Ummul Qur’an dan Pondok Pesantren Jawahirul Falah untuk dapat hidup lebih sehat dan nyaman. (*)

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu