Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    LAZGIS Peduli Gelar Road To Pesantren ke Sejumlah Ponpes di Karawang

    LAZGIS Peduli Gelar Road To Pesantren ke Sejumlah Ponpes di Karawang

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Anggota Forum Zakat, Lembaga Amil Zakat Gema Indonesia Sejahtera (LAZGIS Peduli), pada Ahad (23/2/2020) lalu, menggelar silaturahmi dan safari ke sejumlah pondok pesantren di Karawang, Jawa Barat.  Dalam safari bertajuk Road To Pesantren itu, LAZGIS Peduli menyambangi Pesantren Al-Furqon-Darul Qur’an, dan Nihayatul Amal-Ash-Shodikiyah.

    Di Darul Qur’an, Ustadz Fasni, salah satu putra pendiri ponpes yang sudah berdiri dari tahun 1994 itu, menceritakan bagaimana sepak terjang ponpes yang tadinya tradisional (salaf) dan kini bertransformasi menjadi modern mengikuti perkembangan zaman.

    “Seiring tuntutan zaman, untuk memenuhi sdm atau pengajar, kadang kami mengajak alumni untuk sama-sama membangun di sini,” ujar Ustadz Fasni.

    Ustadz Fasni melanjutkan, untuk bisa menguasai kedua ilmu baik ilmu umum ataupun Qur’an, itu sangat sulit dilakukan. “Memang seharusnya dikhususkan saja, misal santri yang menguasai Qur’an dengan baik, diminta fokus saja di sana. Sebaliknya pun sama,” katanya.

    Selain soal pendidikan qur’annya, Darul Qur’an juga mengembangkan budidaya lele berbasis Bio Flog yang merupakan bantuan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan.

    Sementara itu, di Ash-Shodikiyah, pengelolaan pesantrennya masih sangat tradisional. Dimana dengan SDM yang ada, pondok tetap berusaha berkembang.

    Dalam kesempatan yang sama, Penanggung Jawab Program LAZGIS Peduli, Hariyanto juga mengajak ponpes untuk bersinergi. “Istiqomah berkarya dan bekerjasama dalam giat-giat kemanusiaan,” tutupnya. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu