Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Lazis Al Haromain Tembus Medan Sulit untuk Aksi Sulbar Bangkit

    Lazis Al Haromain Tembus Medan Sulit untuk Aksi Sulbar Bangkit

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Pada Kamis, (21/1/2021), Lazis Al Haromain yang merupakan bagian dari Forum Zakat Jawa Timur mendirikan posko sementara di Jl. Poros, kec. Ulumanda, Mamuju, Sulawesi Barat. Posko ini digunakan untuk perhentian sementara barang-barang logistik yang nantinya akan dikirim ke medan yang terdampak bencana. Target desa yang akan dibantu adalah desa Ulumanda dan desa popenga, kec. Ulumanda. Dua desa tersebut terisolir karena jalannya rusak dan jauh dari posko-posko utama lainnya. Kurang lebih sejauh 30 km perjalanan harus ditempuh utk. mencapai desa tersebut.

    Relawan Lazis Al Haromain menuju desa  Popenga dan desa Ulumanda, kec. Ulumanda, kab. Majene. Di desa Kabira’an, 6 km dari posko Lazis Al Haromain, tim relawan melewati rintangan berupa jalan yang sudah rusak. Di sana sudah ada escavator yang memperbaiki jalan. Tim relawan menunggu escavator itu selesai agar bisa melintasi jalan tersebut. Di desa Kabiraan, rata-rata rumah ambruk dan ada satu puskesmas yang ambruk.

    Alhamdulillah, tim relawan berhasil menembus desa Popenga. Di sana banyak sekali tenda-tenda pengungsian. Logistik pun tersalurkan pada para penyintas gempa di desa Popenga. Listrik belum masuk di pos pengungsian dan sinyal HP hilang, sehingga di wilayah ini tim relawan agak kesulitan untuk berkomunikasi di posko pusat.

    Tim relawan dibantu dengan komunitas offroader lokal bersama warga terus menembus desa Ulumanda. Kondisi serupa juga terjadi di desa Ulumanda. Di desa Ulumanda ada lima rumah yang kondisinya memperihatinkan. Tim Lazis Al Haromain turut bergotong royong membantu perbaikan rumah bersama warga.

    Hingga saat ini, Lazis Al Haromain mengadakan program psikososial berupa festival memanah, festival voli, dzikir Jama’i dan santunan yatim di desa Ulumanda. Warga kembali bersuka cita dengan adanya kegiatan-kegiatan positif tersebut. Semoga desa-desa di kecamatan Ulumanda dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu