Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Rumah Gemilang Tambah Fasilitas Bengkel Untuk Para Santri
    Rumah Gemilang Tambah Fasilitas Bengkel Untuk Para Santri

    Rumah Gemilang Tambah Fasilitas Bengkel Untuk Para Santri

    Bagikan Ini :

    Santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) yang berlokasi di Sawangan, Depok jurusan otomotif sudah lama menantikan hadirnya tempat yang layak untuk mereka belajar. Selama ini mereka memanfaatkan lahan parkir untuk praktek bongkar pasang mesin motor yang terasa panas jika cuaca sedang terik dan kebasahan jika hujan turun.

    Kini impian mereka sudah terwujud. Pada hari Senin (25/07) kemarin Bengkel Otomotif yang sudah lama diidamkan secara resmi dibuka oleh Bpk Syamsul Aidi Bachtiar dari Syariah Advisory and Legal Group Head CIMB Niaga Syariah dan Direktur LAZ Al Azhar Bpk Sigit Iko Sugondo.

    Dalam sambutannya, Sigit menceritakan tentang perjalanan panjang para santri jurusan otomotif yang dulu masih menggunakan lahan parkir untuk belajar praktek. Jurusan yang baru berjalan 5 angkatan ini memang menjadi kelas yang paling ‘menderita’. “Jika cuaca sedang panas, mereka kepanasan dan jika turun hujan merekalah yang pertama kali kehujanan. Sementara santri jurusan lain tetap merasa adem di dalam kelas ber-AC” ujar Sigit.

    Akhirnya ini yang membuat ia terus berdoa agar santri jurusan otomotif segera mendapatkan ruangan yang layak untuk praktek. “Saya berdoa tiap malam agar ada dermawan yang mau mendonasikan sebagian hartanya untuk pembangunan bengkel RGI ini. Dan Alhamdulillah hari ini Allah mengabulkannya dan santri jurusan otomotif gak perlu kepanasan dan kehujanan lagi jika sedang belajar”, jelas Sigit.

    Bpk Syamsul Aidi Bachtiar yang hadir untuk meresmikan bangkel otomotif RGI juga mengaku takjub dengan program RGI besutan LAZ Al Azhar. “RGI sangat inspiring, awalnya saya pikir sama seperti sekolah SMA biasa, para siswa pergi pagi pulang sore lalu mereka kembali bermain dengan teman-temannya yang mungkin lupa pada pelajaran mereke di sekolah. Tapi RGI adalah tempat yang sangat ideal untuk membantu meningkatkan kualitas manusia. Tak hanya sisi intelektualitas, tapi juga dibina dan ditempa dari sisi agama, dan akhlaknya juga”, jelas Bpk Syamsul.

    Ia juga kemudian mengucapkan terima kasih kepada LAZ Al Azhar yang telah bekerja sama dalam program bengkel otomotif RGI. “Semoga bisa terus bermanfaat untuk para santri RGI untuk menghadapi kehidupan kalian yang masih panjang”, tutupnya.

    Usai memberikan sambutan kemudian Bpk Syamsul didampingi Bpk Sigit Iko melakukan acara peresmian Bengkel Otomotif RGI ditandai dengan prosesi menggunting pita. Sebelumnya Bpk Syamsul juga memberikan simbolis berupa perlengkapan bengkel motor kepada santri RGI jurusan otomotif angkatan 15 sebagai tanda dimulainya penggunaan bengkel praktek persembahan dari Bank CIMB Niaga Syariah. Usai menggunting pita, Bpk Syamsul lalu melihat-lihat isi dalam bengkel untuk mengecek langsung dan memastikan bahwa bengkel tersebut siap digunakan untuk belajar.

    Rumah Gemilang Indonesia adalah pusat pemberdayaan pemuda produktif yang telah menebar nilai-nilai kemandirian kepada ribuan generasi muda produktif putus sekolah dari 60 kota se-Indonesia.

    Di kampus RGI santri dibekali dengan keterampilan dan keahlian oleh para instruktur yang professional di bidangnya. Terdapat 6 kelas keterampilan yang dibuka, yaitu : Desain Grafis, Teknik Komputer dan Jaringan, Fotografi dan Videografi, Menjahit dan Tata Busana, Aplikasi Perkantoran dan Teknik Otomotif. Selama 6 bulan pula mereka digembleng menjadi pemuda berkeahlian, memiliki wawasan pengetahuan dan keagamaan yang luas, berakhlaq baik dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi, serta memiliki semangat mandiri dan kemampuan leadership yang baik.

    Program yang didesain dan dijalankan oleh LAZ Al Azhar sejak tahun 2009 ini telah menjadi trendsetter atau model solusi pengurangan angka pengangguran khususnya pemuda usia produktif yatim dari keluarga kurang mampu.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu