Rumah Zakat Dukung Bummas Az-Ziyaad Tingkatkan Layanan Kepada Anggota

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Forumzakat – Koperasi Az-Ziyaad sebagai salah satu Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) mitra binaan Rumah Zakat meningkatkan pelayanan kepada anggotanya. Peningkatan pelayanan tersebut diantaranya dengan melakukan upgrade sarana pencatatan administrasi keanggotaan.

Jika sebelumnya bukti keanggotaan koperasi berupa simpanan pokok dan simpanan wajib dicatat dalam kartu keanggotaan dan dicatat secara manual menggunakan ballpoint, maka mulai bulan Juni 2022 pencatatan telah menggunakan software khusus dan dicetak kedalam buku simpanan anggota menggunakan passbook printer sehingga menyerupai buku tabungan di perbankan.

Koperasi Az-Ziyaad juga telah memanfaatkan layanan digital dari PT USSI berupa aplikasi mobile koperasi dengan layanan IBS-Lite. Dengan layanan IBS Lite anggota koperasi bisa melakukan berbagai transaksi finansial secara real time selama 24 jam seperti pengecekan saldo tabungan, transfer, pembelian-pembayaran aneka layanan digital seperti tagihan/token listrik, pulsa, dan topup berbagai layanan dompet digital.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada anggotanya, Koperasi Az-Ziyaad juga menyediakan layanan mandiri terkait transaksi dasar di koperasi dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web yang bisa diakses melalui jaringan wireless lokal sehingga tidak membutuhkan koneksi internet. Anggota cukup menghubungkan handphonenya ke saluran Wifi Bummas dan mengakses layanan melalui browser handphonenya. Dengan layanan ini, anggota bisa mengetahui saldo simpanan dan riwayat pembiayaannya secara mandiri. Anggota juga bisa melakukan pengajuan pembiayaan dan mengecek status approval pembiayaan yang telah diajukannya.

Dengan adanya aplikasi ini juga semakin memudahkan pengelola/pengurus koperasi dalam melayani anggotanya. Anggota koperasi juga bisa dengan mudah melakukan pembayaran di unit usaha perdagangan umum (Berdaya Mart) dengan mendebet dari saldo simpanan sukarelanya secara langsung.

Untuk mengoptimalkan manfaat dari aneka layanan tersebut, Koperasi Az-Ziyaad secara periodik melakukan pembinaan kepada anggotanya. Adaptasi penggunaan layanan digital tentunya membutuhkan proses, terlebih anggota Koperasi Az-Ziyaad bukan berasal dari kalangan yang terlalu melek dengan teknologi. Untuk itu proses edukasi-pembinaan terus dilakukan agar kehadiran teknologi membawa manfaat yang lebih besar. Tatang sebagai salah satu pengurus BUMMas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah membantu Koperasi Az-Ziyaad untuk terus tumbuh dan berkembang.

 “Terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah mendampingi dan membina kami dalam meningkatkan pelayanan kepada anggota kami.” Ucap Tatang. (*)