Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Sebanyak 38 Lembaga Anggota FOZ Ikuti Pembekalan Penanganan Banjir DKI Jakarta

    Sebanyak 38 Lembaga Anggota FOZ Ikuti Pembekalan Penanganan Banjir DKI Jakarta

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Dalam penanganan banjir  Jakarta yang terjadi sejak awal tahun 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan pembekalan kepada 38 lembaga anggota Forum Zakat. Pembekalan dilaksanakan di gedung Balaikota DKI Jakarta, Rabu, (7/1/2020) bersama puluhan NGO, Yayasan dan lembaga lainnya.

    Menurut Deputi Kesiagaan BNPB Dandi Prasetya mengatakan informasi relawan sangat berguna. Namun, seringkali dinomorduakan. “Relawan itu, daerah terjauh pun kadang mau datang. Relawan harus ada di front depan. DKI rumah bersama jadi harus mau bersatu. BNPB pun punya relawan yang terdata dan ingin bergabung dengan relawan,” katanya.

    BNPB DKI Jakarta Tumpal Hasiholan menyampaikan ucapan terimakasih atas keterlibatan semua lembaga. “Terimakasih atas partisipasinya untuk menangani bencana banjir Jakarta. Sesuai konsep kemarin, dibantu dengan koordinator bidang-bidang, ada damkar untuk evakuasi, dinsos untuk logistic, ada juga dinkes dalam hal kesehatan dan yang lainnya. Tentunya juga berkoordinasi teknis dengan para lembaga,” ujarnya.

    Lebih lanjut, kata dia, saat sudah disediakan aplikasi desk relawan penanggulangan bencana, dimana setiap relawan diharapkan dapat memberikan laporan. “Laporan dari teman-teman akan disalurkan dan diketahui di kanalnya pemprov,” jelasnya.

    Sementara, Ketua Program Jakarta Berketahanan Mira Fajar mengatakan aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan kinerja relawan saat di lapangan. “Di lapangan, relawan akan  mengalami banyak kendala yang bermacam-macam. Contohnya relawan yang dibekali di provinsi tapi ketika di daerah kenyatannya berbeda. Komandonya juga beda, ada sekcam ada kelurahan dan lainnya. Jadi aplikasi ini memudahkan. Supaya ini bisa valid datanya, bisa melindungi koordinasinya dengan ini. Agar terdata juga lembaganya siapa-siapa,” tuturnya.

    “Kami membuka diri untuk berbagai lembaga, kami juga apresiasi para relawan dari berbagai pihak. Secara pribadi saya senang sekali berkolaborasi dengan Forum Zakat, yang saya kenal bencana di Palu. Jakarta adalah rumah kita semua, karena semua dari berbagai daerah kerja di Jakarta. Meninggalkan daerah untuk kerja di Jakarta. Nah, Jakarta ini berarti kan untuk semua,” lanjutnya.

    Kerjasama ini sejalan dengan harapan Ketua Bidang Sinergi dan Kerjasama FOZ, Angga Nugraha. Menurut Angga, sinergi ini adalah sebuah bentuk penghormatan bagi lembaga-lembaga amil zakat yg terhimpun di Forum Zakat.

    “Mudah-mudahan dengan kolaborasi ini bisa mempercepat penanggulangan bencana banjir terkhusus korban yang terdampak. Untuk tanggap darurat kita bisa membantu diberbagai kegiatan,  kesehatan kita bisa menurunkan team kesehatan dan ambulance, untuk evakuasi, dapur umum dll,” ucapnya.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu