Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Siap Kolaborasi dengan FOZ, Menko PMK : Ayo Fokus Entaskan Kemiskinan

    Siap Kolaborasi dengan FOZ, Menko PMK : Ayo Fokus Entaskan Kemiskinan

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Forum Zakat mengadakan kunjungan ke kantor Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada Kamis, (28/11/2019). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka silaturahmi pada Menko PMK, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P yang baru dilantik pada Oktober, lalu.

    Dalam agenda tersebut, Menko mengatakan harapannya untuk dapat berkolaborasi dengan LAZ yang tergabung dalam Forum Zakat terkait dengan masalah pengentasan kemiskinan yang ada di Indonesia.

    “Kita harus konsen dalam mengentaskan kemiskinan, karena memang persentase jumlahnya besar sekali. Besar harapan saya untuk bisa kolaborasi. Saya pribadi ingin tahu jumlah pastinya supaya kita bisa bikin MOU untuk membagi wilayah-wilayah kerja untuk LAZ-LAZ ini,” ujarnya.

    Lebih lanjut, menurutnya, Indonesia sering sekali mengentaskan kemiskinan bukan dari akarnya, misalnya, semut hitam yang lagi di jalan kalau terbunuh akan ada semut hitam lainnya yang berjalan di jalan yg sama, maka kalau ingin menghilangkannya adalah dengan mencari sarangnya. “Sama seperti Indonesia jika menyelesaikan masalah harus dari akarnya, dan akarnya adalah keluarga,” tambahnya

    “Jadi kalau tidak ingin kemiskinan baru terjadi, maka kita harus mendampingi dan membantu calon keluarga baru agar tidak menciptakan keluarga miskin baru. Maka perlu melalui pelatihan, pembekalan keterampilan kita butuh bantuan FOZ untuk mengintervensi keluarga miskin dan juga untuk membantu pemerintah mengisi gap-gap pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

    “Supaya kita bisa tukar data, kalau kami pakai data dari Kemensos sebagai basis data. Lalu kita bikin MOU untuk gotong royong biar nggak lahir lagi keluarga-keluarga miskin baru,” tambahnya.

    Turut hadir dalam kunjungan ini, Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Prof Agus Sartono, Ketua Umum Forum Zakat sekaligus Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa – Bambang Suherman, General Manager YBM BRI – Dwi Iqbal Noviawan, Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat – Rizqi Okto Priansyah, Manager Perdistibusian dan Pendayagunaan YBM PLN – Ryan Suryanto, CEO Rumah Zakat – Nur Effendi, serta Chief Marketing Officer Rumah Zakat – Irvan Nugraha yang merupakan pengurus harian Forum Zakat.

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu